Pilar Banten
Lagi, Pengangguran di Banten Tertinggi se Indonesia

Lagi, Pengangguran di Banten Tertinggi se Indonesia

Serang, – Provinsi Banten menduduki peringkat pertama angka pengangguran di Indonesia. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran di tanah jawara sebesar 8,01 persen atau sebanyak 489.216 orang menganggur.

Sementara untuk peringkat angka pengangguran terendah adalah Provinsi Bali dengan tingkat pengangguran sebesar 1,21 persen.

“Banten masih terendah artinya pengangguran tertinggi se Indonesia,” kata Kepala BPS Banten Adhi Wiriana, Selasa (5/5).

Adhi mengatakan, dalam satu tahun terakhir pengangguran di Banten bertambah sebanyak 23.409 orang sejalan dengan kenaikan tingkat pengangguran terbuka (TPT) menjadi 8,01 persen pada Februari 2020. Dilihat dari tingkat pendidikan, pengangguram di Banten didominasi oleh lulusan SMA yaitu sebesar 13,48 persen.

“Di posisi kedua TPT lulusan SMK sebesar 13,11 persen,” kata Adhi

Ada beberapa penyebab angka pengangguran Banten jadi yang tertinggi. Pertama, Mulai Januari- Februari Indonesia sudah terdampak dari kasus COVID-19 di Tiongkok akibat penerapan lockdown mengakibatkan kegiatan ekspor dan impor terhenti membuat stok bahan industri berkurang sehingga terjadi pengurangan kariyawan.

“Saat ini angka pengangguran bisa lebih tinggi karena kita sudah terkena COVID-19,” katanya.

Sejak tahun 2018 hingga tahun ini Provinsi Banten terus menduduki tingkat pengguran tertinggi di Indonesia. Pada Agustus 2018, BPS menyampaikan bahwa angka pengangguran Banten 8,52 perse. Kemudian periode Agustus 2019, Banten juga menduduki urutan pertama se Indonesia dengan tingkat pengangguran sebesar 8,11 persen.(Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: