Wahidin Minta Kegiatan Usaha di Zona Merah Tutup Jam 8 Malam

oleh -3 Dilihat
oleh

Serang, – Gubernur Banten Wahidin Halim mengintruksikan pemberlakuan jam malam bagi daerah zona merah dengan membatasi kegiatan masyarakat dimana operasional kegiatan usaha wajib tutup pada pukul 20.00 WIB.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengendalikan penyebaran COVI-19 yang terjadi lonjakan dalam beberapa waktu terakhir. Diketahui ada dua daerah di Banten yang masuk zona merah yakni Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang.

“Bagi zona merah warung-warung tutup (jam 8 malam). Bandel juga sih kadang-kadang,” kata Wahidin Halim, Senin (28/6/2021).

Wahidin mengatakan, kegiatan pengetatan perlu dilakukan karena kasus COVID-19 sedang mengalami lonjakan. Sementara Tingkat keterisian tempat tidur perawatan pasien COVID-19 di Banten sudah mencapai di atas 90 persen. Bed Occupancy Rate (BOR) ICU mencapai 90,21 persen, BOR isolasi 91 persen dan BOR rumah singgah 95 persen.

“Semua rumah sakit udah terhitung full karena hanya tersisa beberapa lagi,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya belum menambah rumah sakit rujukan COVID-19 karena kesulitan mendapatkan tenaga kesehatan. Bahkan, Pemprov Banten enggan mengirimkan tenaga kesehatan ke DKI Jakarta untuk penanganan COVID-19.

“Jakarta minta kita membantu penanganan rumah sakit dan rumah singgah kita gak bisa,” katanya.

Berdasarkan data peta sebaran kasus COVID-19 di Banten, pembahan kasus virus corona masih tinggi per Minggu (27/6/2021) mencapai 656 per hari dengan total kasus 57.772 kasus. Sebanyak 4.992 diantaranya masih menjalani perawatan, 51.314 sembuh dan 1.466 meninggal dunia.(war)