Tahun 2022 Hari Kebangkitan Pariwisata Banten

oleh -10 Dilihat
oleh

Tangerang, – Tahun 2022 menjadi tahun kebangkitan pariwisata di Banten. Hal ini bukan tanpa alasan, sejak ada pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Banten, kunjungan wisata di Banten terus meningkat.

Kepala Dinas Pariwisata Alhamidi mengatakan kunjungan wisatawan mencapai 3 juta wisata pada saat libur hari Raya Idul Fitri 2022. Padahal terget kunjunganya hanya 1,2 juta kunjungan. “Tiga juta kunjungan merupakan kebangkitan wisata di Banten,” kata Alhamidi, dalam acara nobrol santai, Famtrip Wisata Kota Tangerang, Selasa (24/5/2022).

Jika dibandingkan dengan pasca lebaran tahun sebelumnya 2022, kunjungan wisata libur Idul Fitri hanya 900.000 wisata. “Melihat kondisi ini diyakini target kunjungan wisatawan sebanyak 15 juta bisa tercapai dibulan Desember 2022 mendatang. “Bahkan kami sangat meyakini kunjungan wisata bisa mencapai 20 juta kunjungan,” katanya.

Di tempat yang sama, Ksubdit Wisata Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Banten, Kompol Dodid mengatakan, akan selalu memberikan pengawalan dan pengamanan terhadap wisatawan yang datang ke lokasi destinasi yang ada di Provinsi Banten. “Tugas kami selain melakukan pengaman objek vital, kami juga melakukan pengamanan kawasan wisata,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Ditpamobvit Polda Banten juga melakukan pembinaan dan koordinasi dengan penjaga pantai (lifeguard), pengelola destinasi, dan juga dinas terkait. “Pengamanan wisata bagian tugas kami dalam memberikan rasa aman bagi para wisatawan,” ujarnya.

Sekdis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Ahmad Yunus Gunawan Wibisono mengatakan Kota Tangerang yang tidak memiliki sumberdaya alam yang bisa dikembangkan sebagai kawasan wisata, sehingga saat ini lebih cenderung melakukan membuat wisata buatan, seperti penataan taman dan lainya. “Tapi perinsipnya, kami menyambut baik rencana yang ingin dilakukan Pemerintah Provinsi Banten yang ingin ikut menanta dan mempromosikan wisata yang ada di Banten,” ujarnya. (teguh)