Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Lebak: Fokus pada Pengelolaan Sampah dan Penanaman Pohon

oleh -46 Dilihat
oleh

Lebak, pilarbanten.com – Penjabat (Pj) Bupati Lebak, Iwan Kurniawan, didampingi oleh Forkopimda dan jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Lebak, menghadiri puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Lebak yang berlangsung di Pasar Sampay, Kecamatan Warunggunung, pada Rabu (26/06/2024).

 

Sebelum puncak peringatan ini, telah diadakan serangkaian kegiatan seperti lomba melukis tempat sampah tingkat pelajar, aksi bersih-bersih, dan penanaman pohon di seluruh kecamatan di Kabupaten Lebak. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Iwan Sutikno, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup.

Baca Juga:  Kegiatan Pembinaan Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah Dilindungi di Kabupaten Lebak

 

“Acara ini mengingatkan kita semua bahwa lingkungan sangat penting untuk kehidupan kita. Slogan ‘Our Land Our Future’ bermakna bahwa lingkungan hidup adalah masa depan kita,” ujar Iwan Sutikno.

 

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lebak, Iwan Kurniawan, menekankan bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini berfokus pada penanganan perubahan iklim dan pengelolaan sampah di Kabupaten Lebak, yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.

Baca Juga:  Wilmar Group Bagikan 43 Hewan Qurban kepada Warga Kabupaten Serang

 

“Hari Lingkungan Hidup Sedunia tidak hanya berfokus pada penanaman pohon untuk menangani perubahan iklim, tetapi juga pada pengelolaan lahan menjadi produktif. Pohon yang ditanam tidak hanya berfungsi sebagai penyangga, tetapi juga memiliki nilai ekonomi produktif. Pengelolaan sampah yang baik juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujar Iwan Kurniawan.

Iwan Kurniawan juga berharap agar seluruh jajaran pemerintah daerah, para camat, perangkat desa, dan masyarakat dapat bergerak bersama dalam menangani dan mengelola sampah dengan baik. Ia menghimbau semua pihak untuk bersinergi dan berkomitmen dalam menjaga serta melestarikan lingkungan hidup di Kabupaten Lebak.(baron)