Pj Gubernur Banten Al Muktabar Kukuhkan Pengurus Dekranasda Provinsi Banten Masa Bakti 2023-2024

oleh -68 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar Kukuhkan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten masa bhakti 2023-2024. Pengukuhan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Dekranas yang ditandatangani oleh Wuri Ma’ruf Amin dengan Nomor 37/DEKRA/SK/VI/2023 Tanggal 09 Juni 2023 tentang Pengangkatan Pengurus Dekranasda Provinsi Banten Masa Bakti 2023-2024 dan Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 537.05/Kep.203-Huk/2023 Tentang Pengukuhan Susunan Pengurus Dewan Kerajinan Daerah Provinsi Banten Masa Bakti 2023-2024 tanggal 28 Agustus 2023.

Pada kesempatan itu Pj Gubernur Banten Al Muktabar sebagai wakil pemerintah pusat di daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segenap kinerja dan dedikasi Dekranasda Provinsi Banten yang selalu berupaya hadir ditengah-tengah masyarakat dengan berbagai langkah dan pendekatan untuk mencapai tujuan yaitu percepatan menyejahterakan masyarakat Banten.

“Melalui Dekranasda kolaborasi terus digulirkan bersama semua pihak juga bersama Pemprov Banten, ini banyak sekali agenda kerja yang berkontribusi kepada masyarakat khususnya bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ungkap Al Muktabar saat memberikan sambutan pada Pengukuhan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten masa bakti 2023-2024 di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug Kota Serang, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga:  Peringati HAB Kemenag ke-77, Wabup Serang Ingatkan ASN Jangan Terlibat Politik Praktis

Dilokasi yang sama Ketua Dekranasda Provinsi Banten Tine Al Muktabar mengatakan Dekranasda ini memiliki visi melestarikan seni dan budaya terutama hasil kriya dan wastra dari Provinsi Banten. Oleh karena itu sambung Tine, dengan dikukuhkannya kepengurusan ini bisa bersama bersinergi dengan semua pihak untuk meningkatkan wirausaha, karena dengan wirausaha maju maka kriya akan maju.

Baca Juga:  Gedung Juang 45 Akan Dijadikan Tempat Wisata Sejarah Perjuangan Banten

“Jadi salah satu aspeknya adalah mengembangkan kriya-kriya dan mengembangkan kreatifitas dan para pelaku usaha seni dan budaya di Provinsi Banten,” ucapnya.

Pada Kesempatan ini juga digelar display produk binaan Dekranasda Provinsi Banten oleh para pelaku UMKM dari kerajinan wastra, seni, dan tenun baduy yang mewakili seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten babar Suharso mengungkapkan pengukuhan Dekranasda Provinsi Banten ini dilakukan untuk mempersiapkan regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) para pengrajin yang unggul serta melestarikan, mengembangkan warisan tradisi dan budaya bangsa di Provinsi Banten yang cukup beragam.

Baca Juga:  Pemprov Banten Lakukan Beberapa Strategi Dalam Pengendalian Inflasi

“Maka diperlukan keberlanjutan kepengurusan Dekranasda yang baru demi meningkatkan kemampuan para pengrajin berdaya saing dan dapat menjalankan program-program strategis dalam mengembangkan seni, budaya kriya di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Kepengurusan Dekranasda masa bhakti 2023-2024 ini sebanyak 60 orang terdiri dari unsur Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, BUMN, Perguruan Tinggi, BUMD, Praktisi Seni, Budayawan serta Para Pelaku Kerajinan Etnik di Provinsi Banten.(js/Red)