5 Kebiasaan Buruk Saat Makan yang Sering Dilakukan, Bisa Bikin Gemuk!

5 Kebiasaan Buruk Saat Makan yang Sering Dilakukan, Bisa Bikin Gemuk!

PILARBANTEN.COM — Makan termasuk kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup supaya tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tubuh yang memiliki nutrisi yang baik akan membuat kesehatan terjaga dan membuat kita semangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Setiap orang umumnya punya kebiasaan makan yang berbeda-beda.

Tapi sayangnya, sering kali ada beberapa kebiasaan yang dilakukan saat makan yang sebenarnya gak baik buat kesehatan tubuh. Mungkin kamu salah satu orang yang melakukan kebiasaan buruk saat makan tersebut. Kira-kira kebiasaan saat makan seperti apa ya yang gak baik buat kesehatan kita? Biar gak tambah penasaran, langsung saja simak ulasan yang satu ini!

1. Makan Pas Lagi Emosi

Ada beberapa orang yang sering melampiaskan rasa emosinya dengan makan, entah itu emosi negatif maupun positif. Perlu diketahui lho, dilansir dari Everyday Health, bahwa saat lagi emosi kita cenderung akan lebih banyak makan dari yang biasanya. Jika ini menjadi kebiasaan, maka bisa menimbulkan berat badan yang meningkat dengan cepat dan faktor lain mengenai berat badan. Makanya, dari sekarang cobalah melampiaskan emosi kamu dengan cara lain, misalnya pergi jalan-jalan, melakukan spa, nyanyi, dan lain sebagainya.

2. Minum Segelas Air Mineral Sehabis Makan

Banyak yang mengatakan jika minum air putih segelas ada baiknya dilakukan sehabis selesai makan. Hal ini supaya kita gak cepat kenyang, jadi makanan dapat dihabiskan. Namun, ternyata hal ini gak tepat karena bisa bikin perut kembung. Mending minum air mineral sedikit demi sedikit ketika lagi menyantap makanan. Ini juga bisa membantu kamu yang lagi proses diet. Kamu bakal merasa kenyang dengan waktu lama, daripada minum air mineral segelas sehabis makan yang malah bikin perut kembung.

3. Makan Terburu-Buru

Mengkonsumsi makanan terburu-buru termasuk kebiasaan yang gak baik buat kesehatan. Dikutip dari sumber Everyday Health, bahwa otak baru bakal memberikan sinyal jika tubuh telah kenyang di waktu 15 sampai 20 menit saat kamu baru makan. Jadi, kalau kamu mengkonsumsi seporsi makanan secara terburu-buru dalam jangka waktu 10 menit, kemungkinan kamu akan merasa masih lapar serta mau makan lagi dan lagi. Untuk itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan terburu-buru bisa mengakibatkan berat badan berlebihan.

4. Ngemil Terus Menerus

Kebiasaan buruk saat makan satu ini sepertinya sudah sering dilakukan banyak orang, yaitu ngemil terus menerus. Padahal, camilan umumnya punya kalori tinggi dan gak ada nutrisi. Maka dari itu, kebiasaan saat makan ini tidak dianjurkan karena bisa memberikan dampak pada kesehatan tubuh. Cobalah kurangi kebiasaan buruk ini dan mulai menggantinya dengan camilan rendah kalori dan sehat. Kebiasaan ngemil sepanjang hari ini juga ternyata banyak dialami pada anak-anak.

5. Makan Sambil Main Smartphone atau Nonton TV

Kalau kamu suka makan sambil melakukan aktivitas, entah itu main smartphone atau nonton TV, maka secara tidak langsung kamu mengembangkan kebiasaan yang gak sehat saat makan. Ketika kamu sedang keasyikan dengan hal lain, kamu tidak bisa mengukur berapa jumlah makan yang masuk ke perut dan membuat kamu makan begitu banyak hingga melewati batas kenyang yang seharusnya. Selain itu, kalau kamu main HP sambil makan, smartphone kamu bisa saja kotor karena tangan yang terkena noda makanan dan bikin fingerprint HP jadi sulit disentuh.

Yuk, mulai tinggalkan kebiasaan buruk saat makan di atas untuk kebiasan makan yang lebih baik dan sehat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: