Warga Lebak Gagal Pulang Kampung Lewat Tol

Warga Lebak Gagal Pulang Kampung Lewat Tol

Serang, – Warga Kabupaten Lebak yang tinggal di Serang batal pulang kampung menggunakan jalur tol. Hal ini disebabkan, tol Serang-Panimbang (Serpan) seksi 1 dari Serang hingga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak belum bisa difungsionalkan pada libur Lebaran 2021.

Sejumlah pengerjaan jembatan penyeberangan atau overpass di jalur tersebut yang belum rampung.

Kepala Seksi Perservasi Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten Okto Ferry Silitong mengatakan, pada rencana awalnya Tol Serpan Seksi 1 memang diharapan sudah bisa difungsionalkan sebelum Lebaran tahun ini. Meski demikian, pembukaan jalur tanpa dipungut biaya bagi pengendara yang melintas itu terancam tak bisa terlaksana.

“Untuk seksi 1 kemungkinan ada sedikit masalah. Memang rencananya sudah bisa difungsionalkan,” kata Okto saat dikonfirmasi, Senin (12/4/2021).

Seperti diketahui, pengerjaan Tol Serpan dibagi dalam tiga seksi sepanjang 83,67 kilometer. Seksi 1 yaitu Serang hingga Rangkasbitung sekitar 26,5 kilometer. Seksi 2 dari Rangkasbitung hingga Cileles sepanjang 24,1 kilometer dan seksi 3 dari Cileles hingga Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Tol dilengkapi dengan tujuh interkoneksi simpang susun. Ketujuh akses itu terdiri atas simpang susun Petir, Cikeusal, Rangkasbitung, Cikulur, Bojong, Cileles dan Pagelaran. Tol dibangun melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Serang-Cileles sepanjang 50,67 kilometer dikerjakan oleh badan usaha dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer dikerjakan oleh pemerintah.

Dia menyampaiakan, potensi Tol Serpan Seksi 1 belum bisa dibuka lantaran adanya pengerjaan fisik yang belum rampung. Selain itu, untuk bisa dibuka ruas tol juga harus terlebih dahulu dilakukan uji laik fungsi.

“Tetapi melihat kondisinya mungkin ada sedikit (kendala). Ibaratnya untuk jembatan penyeberangan, overpass-nya belum selesai. Belum dilakukan uji fungsi, kita harus lakukan uji layak fungsi baru di open traffic,” katanya.

Untuk diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan ada 10 ruas jalan tol yang akan difungsionalkan di Indonesia pada Lebaran tahun ini. Sementara, tol Serpan seksi 1 tidak masuk dalam daftar yang menjadi prioritas digunakan untuk mudik.(WR).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: