Penentuan 1 Ramadhan, Hilal di Anyer Belum Terlihat Terhalang oleh Panorama Matahari

Penentuan 1 Ramadhan, Hilal di Anyer Belum Terlihat Terhalang oleh Panorama Matahari

SERANG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Tangerang melakukan pengamatan hilal di hotel Mambruk, Anyer, Senin (12/4/2021).

Pengamatan itu dilakukan untuk menentukan kepastian awal Ramadhan dari ru’yatul hilal (melihat hilal).

Berdasarkan pengamatan, hari ini matahari terbenam pada pukul 17.58 WIB, sementara kemunculan bulan diprediksi terjadi pada pukul 18.14 WIB.

Kepala Bidang (Kabid) Urusan Agama Islam (Urais) Kemenag Provinsi Banten Ade Baijuri mengatakan, sampai terbenamnya matahari, hilal di ufuk barat belum juga terlihat.

“Hilalnya masih terhalang oleh panorama matahari di ufuk barat,” ujarnya, Senin (12/4/2021).

Namun Ade meyakinkan bahwa posisi hilal sudah berada di posisi 3 derajat, sehingga kemungkinan besar besok tanggal 1 Ramadhan.

“Nanti kita tunggu hasil akhirnya dari sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) RI. Meskipun di Banten tidak terlihat, di daerah lain kan belum tentu,” jelasnya.

Hasil pengamatan ini, lanjut Ade, akan diberikan kepada Kemenag RI sebagai bahan untuk menentukan awal Ramadhan.

Sementara itu kepala BMKG Stasiun Geofisika Tangerang Suwandi juga mengatakan hal yang sama.

Menurutnya, Pengamatan hilal di Anyer yang dilaksanakan bersama Kemenag Provinsi Banten di pantai Mambruk Anyer, posisi hilal belum terlihat.

“Iya mas, belum terlihat. Masih kalah oleh panorama matahari, tapi ketinggian hilal sudah di atas 3,” ungkapnya. (Rey/Al)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: