Pilar Banten
Warga Antusias Urus KTP Di Layanan Mobile Service

Warga Antusias Urus KTP Di Layanan Mobile Service

Serang, – Puluhan masyarakat Kota Serang antusias mengikuti launching Gerai layanan mobile servis untuk layanan pembuatan kartu identitas di alun-alun Kota Serang, Rabu (5/1/2022).

Puluhan warga yang berasal dari berbagai daerah itu mengikuti kegiatan launching sekaligus mengurus berbagai dokumen identitas kependudukan seperti KTP, KK serta KIA.

Septiani, warga Kelurahan Cipare mengaku mendapat informasi adanya layanan pembuatan kartu identitas mobile ini dari kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang kemarin.

Ketika itu dirinya bersama kedua saudaranya akan mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) dan perbaikan KTP, namun karena kesorean, akhirnya pihak dinas merekomendasikan untuk ikut acara launching ini.

“Alhamdulillah tadi prosesnya cepat, sekitar setengah jam doang,” katanya.

Selain cepat, lanjut Septiani, pembuatan KTP melalui layanan mobile servis ini juga tidak perlu antri menunggu lama, meskipun petugas yang melayani terbatas.

“Bisa langsung jadi, kalau di kantor dinas mah biasanya nunggu sampe empat harian,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Serang Enung Subarningsih mengungkapkan, pelayanan mobile servis ini untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan pembuatan identitas kependudukan kepada masyarakat Kota Serang.

“Selain memang untuk mengurai kerumunan dan antrian yang panjang di kantor dinas seperti yang sebelumnya sering terjadi,” katanya.

Dengan layanan ini, lanjutnya, seluruh masyarakat Kota Serang diharapkan sudah memiliki kartu identitas kependudukan.

“Saat ini kami baru bekerja sama dengan PT POS untuk distribusi kartu Identitas kepada pemiliknya. Sehingga masyarakat tidak perlu bulak-balik ke kantor, karena nanti kartunya dikirim ke rumah masing-masing,” jelasnya.

Ke depan, lanjutnya, pihaknya akan mencoba menjajaki kerjasama dengan pihak lain selain PT POS, guna mempermudah pelayanan kartu identitas kependudukan ini. “Nanti akan kita coba,” imbuhnya.

Enung juga mafhum, saat ini proses pembuatan KTP dan KK masih belum bisa seluruhnya bisa langsung jadi pada saat itu juga. Hal itu dikarenakan keterbatasan alat yang dimiliki.

“Kalau untuk blanko alhamdulillah masih tersedia sampai saat ini,” ucapnya.(loet)

Tinggalkan Balasan