Walikota Janji Tambah Armada Layanan Mobile Service

oleh -3 Dilihat
oleh

Serang, – Walikota Serang Syafruddin berjanji akan menambah armada untuk menunjang program mobile servis pembuatan kartu identitas kependudukan di Kota Serang.

Penambahan armada itu dimungkinkan untuk tahun ini hanya satu unit kendaraan, mengingat keterbatasan anggaran serta harganya yang cukup mahal.

“Kita akan ajukan permintaan armada ini ke Kementerian. Untuk tahun ini mungkin satu unit dulu,” katanya seusai meninjau pelaksanaan mobile servis di alun-alun Kota Serang, Rabu (5/1/2022).

Sehingga, lanjutnya, jumlah armada yang dimiliki Disdukcapil sebanyak tiga unit nantinya, karena yang ada sekarang baru dia unit.

Dengan tiga unit armada ini, lanjutnya, diharapkan nanti pelayanan pembuatan identitas kependudukan bisa lebih maksimal karena dilakukan secara mobile.

“Bahkan RT juga bisa mengajukan untuk mendatangkan pelayanan mobile servis ini ke tempatnya, dengan syarat mengajukan surat permohonan terlebih dahulu serta minimal warga yang ditangani 50 orang,” katanya.

Selain mengadakan kendaraan operasional, pihaknya juga akan menambah alat pencetak KTP yang selama ini hanya memiliki tiga unit saja.

Padahal, alat itu sangat mendukung terhadap kecepatan proses pembuatan KTP. “Contohnya di alun-alun ini saja, itu paling 10 menit bisa langsung selesai dan jadi,” ucapnya.

Untuk itu, Pemkot Serang akan menambah alat tersebut, bila perlu di setiap kecamatan mempunyai satu unit, supaya pelayanannya lebih cepat satu hari selesai.

“Sekarang mah untuk sementara di Kecamatan itu belum bisa mencetak KTP, hanya perekaman saja. Untuk pencetakan tetap dilakukan di kantor dinas,” katanya.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kota Serang Dulbarid mengungkapkan, kebutuhan akan mesin cetak KTP itu sangat penting sekali. Sebab yang dimilikinya saat ini hanya tiga unit.

“Satu di alun-alun ini, mobile. Yang du lagi di kantor,” katanya.

Makanya, lanjutnya, proses pembuatan KTP itu masih ada jeda waktu, tidak langsung jadi, karena memang alatnya terbatas. “Kalau untuk SDM dengan yang ada kayanya sudah cukup, apalagi nanti di kecamatan mah didukung oleh SDM yang di sana,” tambahnya.(loet)