TKA di Cilegon Dipastikan Sehat

TKA di Cilegon Dipastikan Sehat

CILEGON, PILARBANTEN.COM – Dinas Kesehatan Cilegon Kota Cilegon menyatakan satu Tenaga Kerja Asing (TKA) yang sempat bepergian ke Tiongkok dinyatakan sehat dan negatif dari virus corona. Dia tiba di Kota Cilegon pada 6 Desember 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Arriadna mengatakan TKA asal Tiongkok tersebut bekerja di PT Wilmar yang berada di Kabupaten Serang. Namun tinggal di salah satu perumahan di Kota Cilegon.

Arriadna menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan TKA tersebut negatif terinfeksi virus corona dan telah melewati masa inkubasi selama 14 hari berdasarkan standar WHO atau badan kesehatan dunia. Dia tiba di Kota Cilegon sejak tanggal 6 Desember 2019 dan sudah melewati pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Bandara.

“Karyawan PT Wilmar ada 28 orang TKA Cina. 24 orang sudah lama di Cilegon namun ada satu orang ada yang datang terakhir tanggal 6 Desember. Sudah melewati masa isolasi hari ini bahwa kondisi semua TKA dalam keadaan sehat. Kemudian 4 orang pulang ke Cina saat imlek sampai saat ini belum kebali ke Cilegon,” Arriadna saat dikonfirmasi, Jumat (7/2/2020).

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja ada 200 TKA asal Tiongkok yang tinggal di Kota Cilegon. Ke 200 TKA tersebut sudah dilakukan pemeriksaan dan sudah dinyatakan sehat. Mereka sudah ada di Cilegon sejak tahun 2016.

“TKA itu tidak semua baru datang jadi datangnya dari dulu-dulu bahkan dari 2016. Jadi yang TKA disini kondisinya sehat,” katanya.

Dinkes Kota Cilegon telah memperketat aturan setiap TKA yang datang ke Cilegon dengan berkordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Bandara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berada di Cilegin, Banten. Semua kapal asing yang masuk ke pelabuhan dilakukan pemeriksaan dengan ketat dan harus melalui karantina.

“Kita himbau masyarakat tidak resah dengan keberadaan TKA di Cilegon,” katanya. (Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *