Siswa Jenuh Belajar Daring, Wahidin Izinkan Sekolah Gelar KBM Tatap Muka

Siswa Jenuh Belajar Daring, Wahidin Izinkan Sekolah Gelar KBM Tatap Muka

Serang, – Gubernur Banten Wahidin Halim telah mengizinkan membuka kembali sekolah bagi yang siap untuk menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Asal, memenuhi syarat protokol kesehatan pencegahan COVID-19 untuk menggelar KBM pandemik tersebut.

“Silakan pak kepala sekolah berembuk dengan wali siswa dan Dindikbud. Sekolah yang sudah siap sekolah tatap muka secara terbatas silakan dimulai,“ kata Wahidin melalui siaran pers, Jumat (2/4/2021).

Mantan Wali Kota Tangerang itu mengatakan, para siswa saat ini sudah mulai jenuh dengan sistem pembelajaran daring. Makanya dirinya telah membuka opsi untuk memulai membuka sekolah tatap muka bagi yang telah memenuhi syarat protokol kesehatan.

“Oleh karena itu saya (gubernur langsung menyampaikan permasalahan tersebut kepada Presiden Joko Widodo,” katanya.

Dia pun memerintahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten serta pihak sekolah untuk segera melalukan simulasi tata cara tentang pembelajaran tatap muka pada masa pamdemik COVID-19.

“Namun, tetap harus musyawarah dengan wali murid. Jangan sampai ketika ada dampak nyalahin pihak lain,” katanya.

Wahidin meminta pihak sekolah harus mengadaptasikan program studi dengan pasar kerja dan pasar usaha sehingga keberadaan sekolah bisa memberikan ruang setiap peluang kerja dan mengentaskan masalah pengangguran di Banten.

“Jika perlu, program studi bisa ditinjau ulang dalam setiap tiga tahun. Sehingga keberadaan sekolah bisa beradaptasi dengan peluang kerja,” katanya.

Dengan demikian, kata Gubernur, lulusan sekolah di Banten akan mampu memiliki daya saing tinggi, namun, dia mengakui bahwa untuk mengadaptasikan dengan pasar kerja dan pasar usaha diperlukan tenaga pengajar yang memadai. Sementara pada sisi lain tenaga pengajar masih terbatas.

“Solusinya, harus bekerja sama dengan Pemprov Banten terkait dengan pemagangan siswa di lembaga usaha yang ada di Provinsi Banten,” katanya.(wr)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: