Pilar Banten
Seorang Pemuda di Kota Serang Mengaku Sebagai Imam Mahdi

Seorang Pemuda di Kota Serang Mengaku Sebagai Imam Mahdi

Serang – Seorang pemuda bernama Muhammad Latif membuat geger warga Taktakan, Kota Serang karena mengaku sebagai Imam Mahdi. Pemuda lulusan STM itu bahkan sudah memiliki pengikut yang tersebar di Kota Serang dan diluar Kota Serang.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Serang Kota AKBP Edhy Cahyono mengatakan, pihaknya sudah melamukan langkah persuasif dan mengamankan yang bersangkutan untuk menghindari tindakan anarkis dari masyarakat pada Sabtu (18/4) kemarin.

“Benar bang, Kita sudah laksanakan pemeriksaan dan akan dilaksanakan pendalaman oleh MUI Kota Serang,” katanya melalui pesan singkat, Minggu (19/4).

Terpisah, Sekretaris MUI Kota Serang Amas Tajudin menjelaskan, gelar Imam Mahdi itu terungkap dari postingan media sosial miliknya bernama Suahrty_Muslimah. Dalam postingannya dia mengaku sebagai habib dan sebagai Imam Mahdi.

“Al Imam Al Mahdi Maulan Habib Muhammad Latif lahir tanggal Masehi 23 Mei 1998 Sabtu Saniscara / tanggal Jawa 26 Suro 1931 Setu Pon / tanggal Hijriah 26 Muharram 1419,”tulis latif.

Kemudian, postingan tersebut ditanggapi oleh seseorang yang mengaku sebagai Habib Zindan, meminta klarifikasi pengakuan Muhammad Latif terlait gelar habib dan gelar Imam Mahdi yang ia dapat.

Lalu seseorang yang mengaku sebagai habib Zindan mendatangi kediaman Latif pada Sabtu (18/4) kemarin bersama pengikutnya dan didampingi untuk meminta klarifikasi secara langsung hingga terjadi perdebatan dan aksi saling gebrak meja sehingga menimbulkan kegaduhan dian mengundang keresahan masyarakat.

“Warga mulai resah dan Pak RW ngambil tindakan tegas. Muhamad Latif dipaksa membuat pernyataan bukan habib dan Imam Mahdi oleh habib Zindan. Lalu Habib dan pengikutnya diminta segera meninggalkan lokasi,”kata Amas saat dikonfirmasi.

Khawatir akan terjadi keributan karena ada informasi akan ada sejumlah ormas islam menggeruduk rumah Latif, pihak kepolisian kemudian mengamankan Latif ke Mapolres Serang Kota untuk melakukan memeriksaan lebih lanjut.

“Mendapatkan info tersebut. Kami menuju polres serang dimana Latif diamankan. Berdiskusi dengan Latif untuk klarifikasi dan edukasi mendalami materi keyakinan apa, asal usul apa bagaimana sebabnya darimana gurunya sampai kesimpulan meyakini Imam Mahdi,” katanya.

Berdasarkan keterangan Muhammad Latif, dia mengatakan memiliki tiga ciri-ciri sosok Imam Mahdi dalam dirinya, diantaranya, memiliki tanda lahir tanda lahir warna hitam di tangan sebelah kiri berbentuk segitiga menghadap kiblat, memiliki ujung rambut ke coklat-coklatan dari sejak lahir, memiliki jidat dan dahi lebar disertai hidung mancung.

“Tiga ciri itu yang diyakini sebagai Imam Mahdi yang ada pada dirinya kemudian diyakinkan oleh pengikutnya adalah Muhamad Latif adalah seorang disebut Imam Mahdi yang ada dalam beberapa hadist akan muncul dibeberapa kemudian hari,” jelasnya.

Setelah melakukan diskusi panjang, MUI Kota Serang menyimpulkan bahwa pemahaman dan keyakinan Muhammad Latif tidak benar dan tidak sesuai dengan ajaran syariah, aqidah, ilmu taswuf dan tentang Imam Mahdi

Karena dia baru berusia 24 tahun juga masih lajang dan telah mengatakan ke keliruannya dan kami akam lakukan pembinaan lalu dikembalikan kepada orang tuanya,”tuturnya.(Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: