Pilar Banten
Sentra Buah Manggis di Kabupaten Lebak Berpotensi Ekspor

Sentra Buah Manggis di Kabupaten Lebak Berpotensi Ekspor

Lebak, – Bibit Manggis merupakan salah satu buah eksotis yang sedang hangat diperbincangkan. Buah manggis Indonesia berhasil mendunia dengan ekspor ke berbagai negara.

Dari informasi yang dihimpun, daerah sentra produksi terdapat di beberapa kecamatan antara lain Cipanas, Lebakgedong, Bayah, Cilograh, Banjarsari dan Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kepala dinas Pertanian Rahmat Yuniar mengatakan, Biofarmaka dan Tanaman Hias Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, varietas bogor raya yang ditanam usianya bervariasi dari satu hingga puluhan tahun.

Kementerian Pertanian bersama Dinas Pertanian setempat terus membina petani untuk meningkatkan kualitas buah manggis, sehingga memenuhi standar eksport. “Guna mengembangkan dan meningkatkan gairah petani manggis di Lebak,“ katanya.

Rahmat Yuniar juga menjelaskan pembinaan mulai dari budidaya sampai dengan penanganan pasca panen difasilitasi dana APBN. “Kami harapkan kualitas manggis terus meningkat dan bisa memenuhi permintaan export, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya. (luk)

Tinggalkan Balasan