Ruang ICU RS Pusat Rujukan COVID-19 Banten Penuh, Pasien Antri di IGD

oleh -6 Dilihat
oleh

Serang, – Ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit pusat rujukan COVID-19 RSU Banten telah terisi penuh usai terjadi lonjakan kasus COVID-19 beberapa hari terakhir ini.

Salah satu perawat khusus pasien corona mengatakan, bahwa ruang ICU di tempatnya penuh bahkan pasien positif dan probable dari ruang instalasi gawat darurat (IGD) pun saat ini tengah menunggu antrian sejak kemarin.

“Karena rata-rata pasiennya butuh ICU sedang ICU dan HCU sudah full jadi mau gak mau ditampung di IGD dulu,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (22/6/2021).

Kendati demikian, dia menyampaikan untuk ruang rawat inap (Ranap) atau ruang isolasi masih bisa menampung namun mulai menipis sudah menyentuh di atas 80 persen. Karena terjadi penumpukan sehingga pasien positif yang baru masuk sementara dirawat di ruang IGD.

“Gak ada yang diprioritaskan karena semuanya masuk dengan gejala,” katanya.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, pihaknya masih terkendala jika menambah kapasitas tempat tidur atau kembali membuka rumah sakit khusus pasien COVID-19 karena sulitnya mencari tenaga kesehatan.

“Rumah sakit penuh perlu tambahan kita pikirin lagi siapa yang melayani karena mereka sedang konsentrasi rs maaing masing mana obatnya ini juga problem,” katanya.

Berdasarkan peta penyebaran COVID-19, jumlah penambahan kasus baru virus corona harian di Banten mengalami peningkatan signifikan hampir 500 pasien baru per hari. Dari sebanyak 54. 216 total jumlah kasus positif corona masih ada sebanyak 2.972 pasien yang masih menjalani perawatan.(war)