Penetapan Geopark Bayah Dome Sebagai Geopark Nasional Dibahas dalam FGD di Lebak

oleh -100 Dilihat
oleh

 

Lebak, Pilarbanten.com- Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan menghadiri Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas penetapan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional. Acara ini diselenggarakan di Aula Multatuli Setda Lebak pada Selasa, 2 Juli 2024.

Acara ini turut dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Plh. Sekda Banten, Ketua TVGN, Sekda Lebak, serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lebak.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN UGM Inisiasi Pembuatan Home Stay di Wisata Religi Tanara

FGD ini bertujuan untuk menyampaikan hasil Verifikasi Teknis, yang mencakup verifikasi dokumen dan penilaian lapangan, serta untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan peran pemangku kepentingan terkait.

Dalam sambutannya, Iwan Kurniawan berharap FGD ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang baik. “Melalui FGD ini, kami berharap agar Penetapan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional melalui Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI dapat segera disetujui pada tahun 2024,” ucap Iwan.

Baca Juga:  Besok, Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Kacida Cibuntu Padarincang

Penetapan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional sejalan dengan kebijakan pembangunan di Kabupaten Lebak yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Lebak Tahun 2019-2024. Penetapan ini diharapkan dapat mendukung visi Kabupaten Lebak sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal.(baron)