Pemprov Banten Pastikan Sejumlah Proyek Pembangunan Batal

Pemprov Banten Pastikan Sejumlah Proyek Pembangunan Batal

SERANG – Pemprov Banten memastikan sejumlah proyek pembangunan tahun anggaran 2021 yang sudah direncanakan dibiayai dari pinjaman PT SMI dibatalkan.

Pembatalan itu dilakukan, menyusul kepastian pinjaman dari PT SMI tahap kedua sebesar Rp4,1 triliun belum bisa dilakukan, sementara berdasarkan perhitungan sejumlah proyek itu tidak akan bisa selesai sampai akhir tahun anggaran jika tetap dipaksakan.

“Ya, penundaan lelang dilakukan terhadap sejumlah proyek yang direncanakan dibiayai dari pinjaman PT SMI,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim (WH), Senin kemarin (21/6/2021).

Selain opsi penundaan, lanjut WH, kemungkinan proyek itu ditiadakan juga bisa terjadi. Dan akan direncanakan kembali tahun berikutnya dengan menggunakan dana APBD.

“Pilihanya kita tetap menggunakan dana APBD yang ada untuk membangun proyek proyek yang kita anggarkan melalui APBD,” ungkapnya.

Selain itu, tambah WH, dengan diperpendeknya tenor waktu pembayaran dari 8 tahunke 5 tahun berikut dengan bunganya yang tetap harus bayar menjadi perhitungan tersendiri bagi Pemprov Banten.

“Kalau kita paksakan pinjaman, tapi nantinya ke depan pasti kakan repot mengatur kondisi keuangannya,” ujarnya.

Penundaan proyek itu dipertegas dengan adanya surat kepala BPKAD kepada Gubernur Banten tertanggal 16 Juni 2021.

Dalam surat tersebut kepala BPKAD Provinsi Banten Rina Dewiyanti menyatakan, dengan belum jelasnya pendanaan program dan kegiatan pada anggaran APBD tahun 2021 yang bersumber dari pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Maka dari itu sekiranya Gubernur Banten bisa mengintruksikan kepada OPD terkait untuk melakukan penundaan terhadap program yang bersumber dari dana pinjaman itu.

Serta melakukan laporan terhadap kegiatan yang bersumber dari pinjaman itu yang sudah dilakukan lelang atau kontrak.

Sampai berita ini diterbitkan, Kepala BPKAD Provinsi Banten Rina Dewiyanti belum bisa dikonfirmasi, pesan yang dikirimpun belum dibalas-balas.

Berdasarkan catatan, sejumlah proyek yang direncanakan dibiayai dari pinjaman PT SMI itu yakni pembangunan jalan Cipanas-Warung Banten, Jembatan di Cipanas di Dinas PUPR.

Kemudian pembangunan puluhan Unit Sekolah Baru (USB) pada dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten. Peningkatan sarana dan prasarana di Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, serta beberapa OPD lainnya.(loet)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: