IDMI Provinsi Banten Dorong Sertifikasi Dai

IDMI Provinsi Banten Dorong Sertifikasi Dai

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Ketua Umum terpilih Ikatan Da’i Muda Indonesia (IDMI) Provinsi Banten Syahrul Ramadhan akan mendorong program sertifikasi da’i yang ada di Provinsi Banten. Sertifikasi itu dinilai penting dilakukan agar kesejahteraan para da’i terjamin.

Hal itu dikatakan Syahrul dalam sambutannya seusai dikukuhkan sebagai ketua umum IDMI Banten di Ruang Serba Guna (GSG) DPRD Banten, Kamis (17/12/2020).

Menurut Syahrul, program sertifikasi da’i ini berbeda dengan da’i bersertifikat. Sertifikasi da’i yang dimaksud lebih kepada hal yang menyangkut gaji dan tunjangan serta tunduk terhadap aturan-aturan organisasi.

“Kapasitas, kompetensi serta profesionalitasnya juga akan kita tingkatkan seiring dengan sertifikasi yang didapatkan,” ujarnya.

Diakui Syahrul, para da’i yang ada pada naungannya juga dituntut untuk melek Teknologi Informasi (TI), terlebih di era globalisasi ini para da’i harus mampu mengimbangi arus perkembangan jaman.

“Jangan sampai da’i muda ini tidak mengetahui informasi yang tengah berkembang. Karena, kedepan akan banyak perubahan yang sangat pesat. Jendela negara-negara tetangga akan terbuka. Aktivitas manusia tidak ada yang bisa ditutup-tutupi,” katanya.

Pengaruh derasnya informasi yang diterima ini, lanjutnya, tentu ada sisi positif dan negatifnya. Sementara masyarakat masih banyak yang tidak mampu memfilternya, mana berita yang benar dan hoax. Ini tentu sangat berbahaya.

“Oleh karena itu program yang akan kami dilaksanakan juga memberikan advokasi dan membina masyarakat dalam menerima informasi lewat kajian dakwah, baik lewat medsos atau langsung ke lapangan,” tutupnya. (Al/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: