Gunung Semeru Meletus, Gunung Ini Tertinggi di Pulau Jawa

oleh -9 Dilihat
oleh

Jawa Timur, – Asap tebal yang membumbung tinggi membuat panik warga berada di kaki Gunung Semeru atau Gunung Meru. Gunung yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Tmur meletus pada Sabtu (4/12/2021).

Dari beberapa vidio yang tersebar memalui media sosial, debu vulkanik dari gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia ini. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut.
Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Eko Budi Lelono, mengungkap penyebab Gunung Semeru meletus.

Menurutnya, penyebab Gunung Semeru meletus berkaitan dengan tingginya curah hujan di sekitar kawasan itu dalam beberapa hari terakhir.

“Sehingga menyebabkan runtuhnya bibir lava dan memicu adanya erupsi atau ada guguran awan panas,” katanya, dikutip dari berbagi sumber media online, Minggu (5/12/2021)

Gunung ini terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia. 

Semeru memiliki catatan panjang sejarah erupsi yang diketahui pernah terjadi ditahun 1818 hinga rentetan letusan terjadi pada tahun 90 han dan tahun 2021 ini. (teguh)