Gubernur Dorong Percepatan Pembangunan 13 PSN di Banten

Gubernur Dorong Percepatan Pembangunan 13 PSN di Banten

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menginginkan agar 13 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Banten segera dipercepat progress pekerjaannya. Hal itu dilakukan agar masyarakat Banten bisa segera merasakan dampak positif dari pembangunan yang ada.

Hal tersebut dikatakan WH pada saat saat memimpin Rapat Progres Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten KP3B, Curug, Kota Serang, Jum’at (17/1/2020). Menurut WH, dorongan tersebut bukan bentuk dari mengambil alih persoalan kewenangan, namun lebih kepada pemberian rekomendasi sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang.

“Saya tidak bermaksud mengambil alih persoalan, hanya memberikan rekomendasi bagaimana PSN yang ada di Provinsi Banten ini bisa didorong lebih cepat proses pekerjaannya,” katanya.

WH menilai rekomendasi itu merupakan kewajiban yang harus dilakukannya sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, serta untuk mendorong program pemerintah pusat untuk kepentingan masyarakat.

“Pemprov terus melakukan evaluasi untuk mengetahui perkembangan setiap pekerjaan PSN. Evaluasi bersama dilakukan dengan bupati/wali kota yang berwenang pada jalur-jalur lokasi tempat PSN dilakukan, serta membahas solusinya bagaimana agar progresnya semakin baik,” ungkap Gubernur.

Rapat membahas pekembangan PSN yang dilaksanakan di Provinsi Banten. Di antaranya perkembangan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang, Serpong – Balaraja, Cengkareng – Batuceper – Kunciran, pembanguna Waduk Karian, serta perkembangan terikini Waduk Sindang Heula.

Dalam kesempatan itu terungkap, proyek Waduk Sindang Heula saat ini sudah dilakukan penggenangan/ pengisian. Dalam tiga bulan ke depan sudah siap diresmikan.

Terhadap beberapa kendala pembebasan lahan yang dihadapi satker, Gubernur turut memberikan rekomendasi kepada tim pembebasan lahan terkait administrasi dan  pendekatan kepada masyarakat. Termasuk koordinasi dengan kementerian dan lembaga vertikal terkait.

Turut hadir Sekda Banten Al Muktabar, Kakanwil ATR/BPN Provinsi Banten Andi Tanri Abeng, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Walikota Cilegon Edi Ariadi, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, para kepala OPD terkait dan Satuan Kerja (satker) PSN di Provinsi Banten.

Sebagai informasi, di Provinsi Banten terdapat 13 PSN pada 7 sektor dari 227 PSN pada 26 sektor tersebar di 34 provinsi  di Indonesia. Seperti pembangunan 5 jalan tol, pembangunan jalur kereta api, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Asal Sampah, pembangunan dua bendungan, pembangunan KEK Tanjung Lesung dan Wilmar, pembangunan tanggul laut dan percepatan infrastruktur pendukung kawasan pariwisata. Keseluruhan PSN di Banten ditargetkan selesai pada tahun 2022 mendatang. (Rey/Al)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *