Pilar Banten
DWP Kabupaten Serang Dituntut Sukseskan Penanganan Covid-19

DWP Kabupaten Serang Dituntut Sukseskan Penanganan Covid-19

Serang, Pilarbanten.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengungkapkan hingga saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19. Maka, seluruh Pengurus dan Anggota Darma Wanita Persatuan atau DWP Kabupaten Serang diminta untuk mengerti keadaan situasi yang terpengaruhnya pada perekonomian.

“Pendapatan daerah pun terpengaruh juga, sehingga kegiatan-kegiatan di pemerintah daerah banyak sekali yang harus di refocusing untuk penanganan covid-19. Dan ini tentu saja berpengaruh kepada kondisi mental dari ibu-ibu,”ujar Entus.

Hal itu disampaikan Entus usai menghadiri Peringatan Dirgahayu ke-22 Tahun Darma Wanita Persatuan tahun 2021 yang bertemakan “Bersama membangun ketahanan perempuan Indonesia, mental sehat, dan bisnis UMKM pulih” di Gedung Korpri Kabupaten Serang pada Senin, 13 Desember 2021.

Artinya, sebut Entus, dengan kondisi seperti ini maka semua pihak khususnya para istri ASN (Aparatur Sipil Negara) harus memahami kondisi yang ada, dan harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada.

“Bantu para suaminya untuk menangani covid-19 ini supaya segera berakhir, sehingga peran DWP di tuntut mensukseskan program penanganan covid-19. Itu yang pertama,”tegas Entus.

Sedangkan yang kedua, Entus juga menyebutkan, dampak pandemi covid-19 kondisi ekonomi juga berpengaruh pada pendapatan para ASN karena dengan kondisi yang ada seringkali mengalami keterlambatan pembayaran gaji, TPP (tambahan penghasilan pegawai) maupun kegiatan lainnya. Salah satu upaya yang bisa di lakukan adalah, katanya, dengan menghemat pengeluaran.

“Selain itu ibu-ibu juga harus lebih kreatif membantu ekonomi keluarga dengan jalan mungkin bisa melakukan hal-hal bersifat usaha mikro, membuat kueh dan sebagainya yang itu nanti akan mendatangkan tambahan pendapatan,”ungkapnya.

“Banyak contoh bisa dilakukan mengenai tambahan pendapatan yang harus dilakukan istri-istri ASN dengan penyesuaian penghematan, dengan kreatifitas yang bisa dilakukan. Insya Allah kita bisa keluar, bisa melalui pandemi covid-19 ini dengan baik,”harap Entus.

Pada momen tersebut, Entus selain mengucapkan selamat dan berharap DWP semakin baik, semakin jaya juga menjadi ajang silih asah, silih asih, silih asuh seluruh anggota. “Barangkali yang lebih senior memberitahukan kepada yang junior bagaimana harus bersikap sebagai istri ASN dengan baik, dan itu kita harapkan,”papar Entus.

Senada dikatakan Ketua DWP Kabupaten Serang, Siti Nurlinawati Entus Mahmud. “Kegiatan ini juga untuk silaturahmi yang sebelumnya terputus selama dua tahun selama covid-19. Dengan seperti ini para pengurus berkumpul untuk mempererat dengan tatap muka saling mengetahui satu sama lain,”ujarnya.

Berkaitan dengan kreatifitas, Siti Nurlinawati memastikan itu pun sudah dilakukan oleh DWP Kabupaten Serang. Terbukti kemarin salah satu Anggota DWP Kabupaten Serang meraih juara ketiga lomba UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). “Itu membuktikan anggota kita aktif dalam menjalankan sebagai pelaku UMKM, baik itu catering, rias pengantin dan lainnya. Semua aktif, karena semua bidang mempunyai tugas masing-masing,”tuturnya(js).

Tinggalkan Balasan