Dirkrimsus Polda Banten Diganti, Terkait Kasus Tambang Ilegal di TNGHS?

Dirkrimsus Polda Banten Diganti, Terkait Kasus Tambang Ilegal di TNGHS?

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Sejumlah perwira menengah (pamen) Polda Banten dimutasi. Mutasi pejabat utama Polda Banten ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/385/II/KEP/2020,  Nomor : ST/386/II/KEP/2020, Nomor : ST/387/II/KEP/2020,  Nomor : ST/388/II/KEP/2020, tertanggal 3 Februari 2020.

Salah satu PJU yang diganti yakni Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Banten Kombes Pol Rudi Hananto, Rudi akan menempati jabatan baru sebagai Penyidik Tindak Pidana Madya Tk. II Bareskrim Polri.

Jabatan Direskrimsus akan dijabat oleh Kombes Pol Nunung Syaifuddin yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpolairud Polda Banten.

Padahal, saat ini Rudi sedang menangani kasus yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo tentang pertambangan ilegal di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, rotasi jabatan tersebut merupakan upaya penyegaran di lingkungan organisasi Polri. Dia membantah pergantian Rudi terkait tentang penanganan kasus penambang emas tanpa izin (PETI) di TNGHS.

“Tidak ada kaitan (PETI), rotasi dan mutasi di lingkungan Polri hal yang lumrah dan biasa dilakukan, selain sebagai penyegaran organisasi juga merupakan kebutuhan dan promosi jabatan,” kata Edy saat dikonfirmasi, Selasa (4/2/2020).

Untuk diketahui, hingga saat ini Ditkrimsus Polda Banten belum menetapkan satu pun tersangka terkait pertambangan ilegal di TNGHS yang diduga menjadi penyebab banjir di Kabupaten Lebak. Meski, sudah melakukan penutup puluhan lubang pertambangan emas.

Selain Direskrimsus Polda Banten, beberapa PJU yang mendapatkan rotasi sesuai dengan STR Kapolri diantaranya Irwasda Polda Banten Kombes Pol I Nyoman Labha Suradnya dimutasikan sebagai Pamen Itwasum Polri, dia digantikan Kombes Pol Mulyadi Kharni yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Papua.

Dir Intelkam Polda Banten Kombes Pol Asep Nalaludin diangkat dalam jabatan baru sebagai agen Intelijen Kepolisian Madya Tk. II Baintelkam Polri, dan digantikan oleh AKBP Suhandana Cakrawijaya.

Wadir Intelkam AKBP Nowo Hadi Nugroho akan menduduki jabatan baru sebagai Agen Intelijen Kepolisian Madya Tk. III Baintelkam Polri.

Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol M. Hidayat diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirpamobvit Polda Kaltim, dan digantikan Kombes Pol Istiyono.

Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Oki Waskito diangkat dalam jabatan baru sebagai Penyidik Tindak Pidana Madya Tk. II Bareskrim Polri dan digantikan oleh Kombes Pol Riki Yanuarfi.

Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifuddindigantikan oleh Kombes Pol Heri Sulistya Budi Santosa. Nunung diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirkrimsus Polda Banten.

Karolog Polda Banten Kombes Pol Linggo Wijanarko diangkat dalam jabatan baru sebagai Karolog Polda Jambi digantikan oleh Kombes Pol Teguh Dwi Warsono.

Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Agus Nurpatria diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabid Propam Polda Kepri digantikan oleh AKBP Yohan Priyoto.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirresnarkoba Polda Banten di gantikan oleh AKBP Mariyono. Kemudian Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Banten AKBP Hendria Lesmana dimutasi sebagai Kapolres Tasikmalaya Polda Jabar.

“Bahwa untuk pelaksanaan serah terima jabatan Masih menunggu arahan pimpinan,” katanya. (Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *