Pilar Banten
Balawista Nasional Siap Bantu Pemerintah Bangun Pariwisata

Balawista Nasional Siap Bantu Pemerintah Bangun Pariwisata

Pandeglang, , (1/9/2020) – Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Nasional siap membantu pemerintah Indonesia membangun pariwisata di sektor keselamatan wisata tirta. Demikian dikatakan ketua Balawista Nasional Ade Ervin kepada wartawan di kantor Balawista Banten, Carita, Pandeglang, Banten, Selasa (1/9/2020).

Ervin juga mengatakan, pariwisata merupakan salah satu industri jasa di Indonesia yang saat ini merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara. Karena industri pariwisata merupakan industri dalam bidang jasa yang sangat kompleks, dimana tidak hanya sektor pariwisata itu sendiri tapi juga meliputi sektor-sektor lainnya seperti, sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, kesenian bahkan sektor hukum juga pun terlibat.

“Balawista sepenuhnya siap membantu pemerintah Indonesia membangun pariwisata di bidang keselamatan wisata, ” Kata Ervin.

Ervin menjelaskan,Indonesia adalah negara kepulauan yang berarti memiliki banyak pulau dan garis pantai yang sangat menakjubkan. Sudah waktunya wisata bahari di Indonesia lebih dikenalkan ke dunia internasional. Hal ini juga akan membantu mengenalkan nama Indonesia di negara lain. Saat ini Indonesia memiliki beberapa wisata bahari yang sudah mulai dikenal turis asing

“Namun kita harus juga memberikan rasa nyaman kepada wisatawan dengan memberikan jaminan keselamatan kepada wisatawan yang akan menikmati pantai indah di Indonesia, ” Tegas Ervin.

Wisata tirta, lanjut Ervin, bukan hanya pantai saja yang dimililki Indonesia, ada air terjun, Sungai dan juga wisata kolam renang.

“Oleh karena itu wisatawan harus diberi rasa nyaman dengan jaminan keselamatan yang menghadirkan lifeguard atau petugas keselamatan, ” Ujarnya.

Sudah enam provinsi, lanjut Ervin, yang menjadi anggota Balawista Nasional. Dan kedepan akan terus bertambah. Sebab kebutuhan petugas keselamatan semakin dibutuhkan untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan.

“Pada bulan Agustus 2020 lalu, kita juga mengadakan pelatihan bagi masyarakat sulawesi yang akan menjadi anggota Balawista. Hal tersebut guna meningkatkan kemampuan pemandu keselamatan wisata Di daerah sulawesi yang potensinya sangat tinggi di bidang wisata tirta, “tukas Ervin. (Anwar/Rey)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: