4 Warga Pandeglang Terluka Diserang Monyet Liar

4 Warga Pandeglang Terluka Diserang Monyet Liar

Pandeglang, Pilarbanten.com- Dua ekor monyet liar menyerang warga di Kabupaten Pandeglang. Akibatnya, empat orang warga Kampung Citayem, Desa Palurahan, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang terkena luka gigitan.

Monyet berjenis abu-abu ekor panjang itu sudah dirawat warga setempat selama tiga bulan. Monyet tersebut didapat warga dari hutan yang tidak jauh dari rumahnya.

Petugas BKSDA Seksi 1 Serang Uday Udaya mengatakan, jenis monyet tersebut memang tidak dilindungi sehingga warga yang mendapatkannya berniat memelihara dan mengikat monyet menggunakan rantai di pohon depan rumah. Namun karena masih liar monyet tersebut menyerang dan melukai empat orang warga. Khawatir terinfeksi virus keempat korban itu disuntik vaksin rabies.

“Tiga bulan baru dapat dari hutan, ya tiga bulan mah masih liar. Korban semua langsung divaksin rabies di Puskesmas Kaduhejo,”kata Uday saat dikonfirmasi, Rabu (11/11/2020).

Khawatir menimbulkan korban yang lain, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Seksi 1 Serang langsung mengevakuasi monyet tersebut selah mendapat laporan dari warga dan dibawa ke kantor BKSDA untuk dilakukan karantina dan pemeriksaan.

“Sudah kita evakuasi ke kantor tadi langsung dijemput ke lokasi,” katanya.

Disampaikan Uday, dua ekor monyet jenis abu-abu ekor panjang yang masih liar itu akan dikarantina dan diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan selama 14 hari kedepan khawatir terinveksi virus.

“Tapi kalau belum sehat tidak dilepas liarkan karena khawatir menyeberkan penyakit,”katanya.(War/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: