3 Daerah Yang Akan Gelar Pilkada di Banten Zona Merah, Bagaimana Kesiapan KPU?

oleh -125 Dilihat
oleh

Serang, Pilarbanten.com – Tiga daerah yang akan menggelar perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Provinsi Banten berstatus zona merah COVID-19. Ketiga daerah tersebut yakni Kabupaten Serang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Cilegon. Sementara, Kabupaten Pandeglang masih berstatus zona oranye.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Banten Eka Setya Laksmana mengaku, pihaknya sudah mengatur skema untuk mengantisipasi penularan virus corona terurama saat pelaksanaan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) yang berpotensi terjadinya kerumunan.

Mantan komisioner Bawaslu Banten itu mengatakan, KPU telah menyiapkan alat pelindung diri untuk para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diseluruh tempat pemungutan suara untuk mengantisipasi penularan virus terhadap petugas.

Baca Juga:  Hampir Seribu Warga Kabupaten Pandeglang Hadiri Konsolidasi Pemenang Prabowo-Gibran Sekali Putaran

“Selain menyiapkan APD kita pun telah mengatur skema untuk penerapan protokol kesehatan secara ketat.” kata Eka saat dikonfirmasi, Selasa (1/12/2020).

Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat di TPS, KPU pun telah mengatur kedatangan pemilih ke tempat pencoblosan dengan mencantumkan waktu pencoblosan dalam surat undangan pemungutan suara untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dan klaster baru COVID-19.

Baca Juga:  Kawal Instruksi Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, TGB: Genjot Program yang Bermanfaat Bagi Rakyat

“Kedatangan pemilih diatur, misalnya yang datang jam 07.00-08.00, lalu 08.00-09.00, dan seterusnya sampai jam kedatangan 12.00-13.00. Dibagi aja, jumlah pemilih di setiap maksimal 500,” katanya.

Kemudian pada saat penghitungan suara, para pendukung dilarang datang menyaksikan langsung penghitungan di TPS dan hanya disaksikan oleh para saksi calon kepala daerah yang ditunjuk oleh masing-masing tim pemenangan.

Baca Juga:  Sukarelawan Gardu Ganjar Perluas Jaringan, Rapatkan Barisan di Seluruh Kabupaten-Kota di Banten

“Akan ada tim pengamanan dari TNI/polri dan instansi lain untuk bertindak dilapangan,” katanya. (war/Red)