Pilar Banten
  • September 20, 2020
  • Last Update September 17, 2020 1:16 pm
  • Indonesia
Waspada Corona, Begini Cara Pemkot Serang Antisipasinya

Waspada Corona, Begini Cara Pemkot Serang Antisipasinya

SERANG, PILARBANTEN.COM – Dua Warga Negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif terjangkit virus corona di Depok, Jawa Barat. Kabar terdebut membuat gempar warga di seluruh Indonesia tak terkecuali di Kota Serang, Banten yang menjadi wilayah terdekat Jawa Barat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang mengaku sudah menyiapkan cara mengantisipasi virus corona bagi masyarakat Kota Serang bila terkena virus corona.

Antisipasi yang dilakukan terkait virus corona dengan cara, diantaranya, sosialisasi atau himbauan pada masyarakat untuk malaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan melakukan koordinasi lintas program dan lintas sektoral.

Kemudian, melakukan pemantauan pada orang yang datang dari China karena di Kota Serang ada 5 orang mahasiswa yang kuliah di Wuksi mereka pada saat pulang di lakukan screeniing di Bandara dan dipulanhkan ke rumah masing-masing.

Mereka dilarang untuk keluar rumah selama 14 hari dan wajib melapor ke puskesmas terdekat setiap hari via telepon. Bila terdapat keluhan akan langsung melaksanakan pemeriksaan kembali.

Dinkes pun menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker di ruang publik. Selanjutnya, puskesmas melakukan kewaspadaan dini dan respon bila ada masyarakat setempat mengeluh gejala yang mengarah ke corona (demam > 38 derajat celcius,batuk pilek,gangguan pernapasan ,sakit tenggorokan ,letih dan lesu).

Kasie Survelans dan Imunisasi Nurbaety berharap agar masyarakat Kota Serang mau mendengarkan himbauan dari Dinkes untuk mencegah Virus Corona.

“Kami tentunya berharap tidak ada satupun masyarakat kota serang yang terjangkit virus Corona dan mau mendengarkan himbauan dari kami,”ujarnya saat dikonfirmasi, Serang (2/3).

Selain antisipasi yang dilakukan Dinkes, Pemerintah Kota Serang mengaku sudah menyiapkan ruang Isolasi untuk masyarakat yang terjangkit virus corona.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan di setiap rumah sakit sudah di siapkan ruang isolasi khusus pasien yang terjangkit virus corona.

“Intinya kita sudah siap untuk mengantisipasinya dengan cara menyiapkan ruang isolasi di setiap rumah sakit,”katanya.

Syafrudin juga menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap virus corona dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

“Karena virus corona itu mungkin saja bisa menyerang lewat udara, kami menghimbau agar bersih-bersih lingkungan serta kekumuhan juga mohon di imbangi,” himbaunya.(agung/anwar)

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: