Viral Video Pasien Dipindah Ke Ruang Isolasi, Begini Penjelasan RSDP Serang

Viral Video Pasien Dipindah Ke Ruang Isolasi, Begini Penjelasan RSDP Serang

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Salah satu pasien di Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranaga (RSDP) Serang sempat dipindahkan ke ruang isolasi dari ruang Unit Gawat Darurat (UGD) oleh petugas rumah sakit.

Dalam video yang viral di media sosial, petugas yang memindahkan pasien tersebut menggunakan baju khusus untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona.

Dirut RSDP Serang Dr. Rachmat Setia mengatakan, tindakan yang dilakukan petugas merupakan Prosedur Tetap (Protap) terhadap pasien yang menderita gejala kasus infeksius. Hal tersebut sudah dilakukan sejak lama di RSDP, kehebohan terjadi lantaran sedang ramai virus corona.

“Kita melakukan protap pada pasien-pasien infeksi. Itu yang bisa saya lakukan. Temen-teman biasa melakukan protap infeksius seperti itu, pertama misalkan difteri, sars, Mers, kebetulan dalam hal ini (ramai) pasien covid 19, jadi akhirnya kita timbullah viral seperti itu,” katanya saat dikonferensi pers, Selasa (3/3/2020).

Dijelaskan Rachmat, pasien akan dilakukan pemeriksaan di ruang isolasi dan ditangani oleh dokter paru. Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan belum mengetahui pasti gejala yang dialamai pasien. Untuk mengetahui gelala pasien tersebut pihaknya akan merujuk ke RSPI Sulianti Saroso menunggu persetujuan dokter paru.

“Kita sedang dalam proses pemeriksaan, tapi kita dalam protap. (Dugaan sementara) belum bisa kita pastikan, pemeriksaan virus harus di rumah sakit rujukan di RSPI , dan ini yg kita lakukan tetap sebagai protap infeksius. Jadi apapun hasilnya, kita lihat dari pemeriksaan dari rumah sakit RSPI Sulianti Saroso,” katanya.

Rachmat mengatakan, pemeriksaan sementara, pasien mengeluhkan gejala flu, pilek, demam dan sesak nafas. Berdasarkan hal tersebut pihak rumah sakit menggunakan protap untuk gekala infeksi.

“Protapnya seperti itu, penanganannya persis sama seperti itu, sars, mers, flu burung juga begitu, pemakaiannya APD, protap seperti itu, sudah dari dulu,” katanya.

Untuk diketahui, sebelum menderita sakit yang bersangkutan pada sekitar tanggal 20 Februari 2020 baru pulang dari Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah. (Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *