Vaksinasi Booster Bagi Usia 18-59 Tahun di Banten Baru Bisa Dilaksanakan di 4 Daerah

oleh -2 Dilihat
oleh

Serang, – Penyuntukan vaksinasi booster untuk lansia dan keloompok rentan di Banten sudah dimulai hari ini Rabu (12/1/2022).

Vaksinasi lanjutan bagi kelompok prioritas ini bisa diakses di seluruh puskesmas dan rumah sakit umum di seluruh wilayah Provinsi Banten.

“Adapun booster ini diutamakan para lansia masyarakat rentan dimana masyarakat bisa mengakses secara gratis untuk seluruh masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti saat dikonfirmasi.

Namun, untuk vaksinasi booster bagi usia 18-59 tahun baru bisa diakses pada masyarakat yang berdomisili di empat kabupaten/kota yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang.

Sebab, disampaikan Ati, syarat daerah yang bisa melaksanakan vaksinasi booster pada usia 18-59 tahun itu harus sudah mencapai target vaksin dosis pertama 70 persen dan dosis pertama lansia 60 persen.

“Yang baru mencapai angka tersebut hanya empat kabupaten kota tersebut,” katanya.

Sementara bagi Kabupaten Lebak, Pandeglang Kota Serang dan Kota Cilegon belum diperbolehkan menggelar vaksinasi booster untuk masyarakat umum. Itu pun berlaku bagi vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Diluar empat daerah itu diharapkan melakukan vaksinasi untuk mencapai primer satu dan dua khususnya di lansia,” katanya.

Dia menyampaikan adapun syarat bagi masyatakat yang ingin mengikuti vaksinasi booster yakni harus sudah sudah mendapatkan vaksinasi primer secara lengkap. Dan jarak dari suntikan dosisi kedua sudah mencapai enam bulan.

“Syarat selanjutnya hanya bisa dilakukan oleh usia 18 tahun ke atas,” katanya.(kusno)