Tinjau Lokasi Pasar Baros Sementara, Wabup Serang Pastikan Siap Digunakan

oleh -11 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa memastikan jika kondisi Pasar Baros sementara di Jalan Raya Serang-Pandeglang siap digunakan. Meskipun ada beberapa yang masih harus dibenahi demi kenyamanan para pedagang dan pembeli.

Kepastian disampaikan Pandji saat meninjau lokasi pasar tersebut di Kampung/Desa Sukamanah, Kecamatan Baros pada Kamis, 12 Desember 2022. “Tanggal 3 (pedagang) harus sudah pindah. Nah, sebelum pindah saya cek dahulu kesiapan akhir disini, jadi hari ini kita melihat kesiapan akhir sudah oke siap semua tapi ada beberapa yang harus kita benahi,”ujar Pandji.

Turut mendampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Okeu Oktaviana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prauri, Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag), Shinta Asfiliani Harjani, Camat Baros Sri Rahayu Basukiwati, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Pandji memaparkan beberapa yang masih harus dibenahi, yakni akses masuk mobil truk lantaran masih ada genangan air yang harus segera ditinggikan tanahnya agar tidak amblas. Kemudian MCK atau mandi cuci kakus yang sudah dibangun sebanyak 4 unit toilet. “Tapi untuk buang air kecil saya minta dibangun untuk 10 orang atau 10 pintu, kalau hanya 4 MCK ribuan orang pedagang dan pembeli harus mengantri makanya siapkan 10 lagi tambahannya,”katanya.

Kemudian bagian samping harus dipadati tanahnya khawatir ambrol. Pandji mengintruksikan kepada Dinas Perkim membuat gorong-gorong karena lintasan air saat hujan, kalau tidak dibuat saluran air akan masuk ke pasar.

“Makanya saluran air tetap tolong dibenahi jangan sampai tidak punya jalur jadi mencari jalur sendiri maka masuk ke pasar. Kita juga cek kesiapan listrik saya minta setiap kios ada akses colokan, termasuk lahan parkir itu cek persiapan akhir sebelum tanggal 3 ini semua sudah siap,”terangnya.

Sekretaris Diskoumperindag Kabupaten Serang Shinta Asfiliani Harjani mengatakan untuk pengundian kios di peruntukan sebanyak 345 pedagang dilaksanakan oleh forum pedagang dengan membagi sesuai zona yakni zona basah dan zona kering.
“Untuk pengundiannya dimulai dari 21 sampai 27 Desember, 28 Desember sampai 3 Januari 2023 persiapan tempat, dan 4 sampai 13 Januari pemindahan. Jadi tidak ada penambahan atau pedagang baru,”ujarnya.(js)