Tercemar Got, Sumur Warga Kresek Berbau Busuk

Tercemar Got, Sumur Warga Kresek Berbau Busuk

Serang – Sumur warga Kampung Andil, Desa Talok, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang tercemar dan berbau busuk. Hal itu lantaran saluran got mampat dan menggenang ke pemukiman warga.

Pantauan di lokasi, saluran got tidak berfungsi karena beberapa hal, mulai dari pendangkalan hingga bangunan permanen yang dibuat warga menutupi saluran air. Akibatnya got menggenang. Beberapa sumur warga baik yang berupa sumur gali maupun sumur bor berbau busuk dan berwarna kehitaman.

“Jadi bau got airnya dan sekarang sudah tidak bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Sebelumnya maasih bisa untuk mencuci saja tapi sejak baunya semakin menyengat kami hentikan pemakaian karena khawatir akan mempengaruhi kesehatan,” kata Linda warga Kampung Andil, Desa Talok, Kecamatan Kresek, Jumat (22/1/2021).

Sebelumnya warga telah melakukan kerja bakti untuk membersihkan saluran got yang mampat. Namun karena banyaknya titik yang menghambat aliran got, ditambah bangunan permanen warga tak mampu melanjutkan normalisasi.

Dampak lain yang terjadi ketika hujan turun, air meluap masuk ke rumah-rumah warga. “Kalau dulu hujan gede kaya apa aja bisa langsung surut. Ini karena gotnya mampat air menggenang sampai masuk ke rumah-rumah warga,” ujr Amin menimpali.

Ia berharap pemerintah turun tangan untuk kembali membuka saluran got yang sudah mencemari sumur warga. Warga setempat mengaku akan mendukung kegiatan normalisasi saluran drainase tersebut untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih.(Anwar/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: