Tanamkan Ideologi Pelajar, Kesbangpol Kabupaten Serang Gelar Kemah Pancasila

oleh -2 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Bakesbangpol Kabupaten Serang menggelar Kemah Pancasila bagi para pelajar tingkat SMA/SMK sederajat yang lolos seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Serang Tahun 2023.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari Sabtu sampai Minggu, 23-24 September 2023 bertempat di Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS) Kecamatan Curug, Kota Serang bertujuan untuk menanamkan ideologi pancasila bagi para pelajar dalam membangun Indonesia maju.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang, Epi Priyatna mengungkapkan, pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila untuk menegakkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila Perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila, melalui pendidikan dan pelatihan bagi seluruh penyelenggara negara komponen bangsa dan warga negara Indonesia.

“Untuk menegakkan, mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila melalui pendidikan dan pelatihan bagi seluruh penyelenggara negara, komponen bangsa dan warga negara Indonesia,”ujarnya.

Menurut Epi, ideologi toleransi, pluralisme dan ideologi multikulturalisme wujud dari pemahaman nilai-nilai pancasila tersebut menjadi pedoman serta identitas dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Sehingga pancasila bisa memberikan solusi di tengah adanya beragam ideologi ditengah muncul dan menguatnya politik identitas oleh agama tertentu etnik dan kepentingan kelompok. “Ini mengakibatkan runtuhnya nilai pancasila sebagai falsafah bangsa, dapat mengakibatkan kekosongan ideologi bangsa yang ironis,”paparnya.

Dengan demikian, sebut Epi, dapat menjadi rentan terhadap serangan ideologi yang harus dilakukan adalah penguatan kembali pemahaman dan pengamalan nilai-nilai pancasila pada masyarakat khususnya pelajar melalui pendidikan di keluarga, sekolah maupun pendidikan di masyarakat. “Guna mewujudkan Indonesia maju membutuhkan kerjasama yang solid seluruh masyarakat dengan meningkatkan persatuan, dan senantiasa mengadopsi nilai pancasila dalam kehidupan harmonis satu dengan lainnya dalam setiap gerak berbangsa dan bertanah air Pancasila,”urai Epi.

Kepala Bidang (Kabid) Ideologi Pancasila Wawasan kebangsaan Ekososbud dan Agama Bakesbangpol Kabupaten Serang, Anton Hermawanto mengatakan, peserta Kemah Pancasila merupakan siswa-siswi Kabupaten Serang tergabung dalam Paskibraka Kabupaten Serang tahun 2023 dan DPPI Kabupaten Serang tahun 2022. Adapun tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai pancasila di kalangan pelajar Kabupaten Serang.

“Ini sebagai supaya awal Kabupaten Serang dalam merintis pembangunan jaring di kalangan pelajar, sehingga terciptanya relasi sosial berkelanjutan gerak implementasi nilai-nilai pancasila,”ujarnya.

Turut hadir Kabid Wasnas, Sodikon, Kasubid Ideologi, Padri A.S, Kasubid Ekososbud, Ferdianto, Kasubid Kerjasama Intelijen, Taufik, Mahfudi Kasubid PKS. Sedangkan sebagai narasumber dari Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Analis Kebijakan Ahli Madya, Yelfi Alvita, Majelis Pertimbangan Organisasi DPPI Pusat, Gatot S. Dewa Broto, Dandim 0602 Serang di Wakili oleh Danramil 0602-09 Cikeusal, Kapten Inf. Edi Sutawar.(js)