Pilar Banten
Tahun 2022 Kompensasi Bau Sampah Akan Bertambah

Tahun 2022 Kompensasi Bau Sampah Akan Bertambah

Serang, – Kompensasi bau sampah bagi masyarakat di Kelurahan Cilowong, Kota Serang pada 2022 bisa bertambah besar. Hal ini bisa terjadi, jika Kota Tangerang Selatan kembali memperpanjang kontrak kerjasama.

Diketahui, Hari ini Senin (22/11/2021), sebanyak 21 RT di Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang resmi nerima dana kompensasi sampah dari Tangsel yang selama ini menjadi polemik kerjasama daerah.

21 RT itu masing-masing mendapat bantuan dengan nilai yang berbeda. Untuk dua RT terdekat yakni di Lingkungan Cikoak dan Pasir Gadung masing-masing mendapat Rp181 juta sedangkan 19 RT lainnya mendapat Rp36 juta.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Roni Yurani mengatakan, sumber dana kompensasi itu merupakan hasil kerjasama daerah yang harus dipertanggungjawabkan penggunaannya.

“Akhir tahun nanti semua RT penerima bantuan harus mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut, yang nantinya akan diberikan kepada Pemkot Tangsel,” ujarnya, Senin (22/11/2021).

Untuk itu, Roni meminta kepada seluruh RT penerima kompensasi agar menggunakan dana itu dengan baik dan penuh tanggungjawab.

“Mau dibuat pembangunan atau dibagikan juga yang penting ada bukti tertulis serta dokumentasinya, biar nanti bisa dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Laporan itu, lanjut Roni, akan ditunggu sampai akhir tahun 2021 nanti. Pihaknya juga akan mengawal dari mulai pembagian sampai penggunaannya.

Di luar kompensasi itu, tambah Roni, ada Bantuan Keuangan (Bankeu), Retribusi dan KDN. Bankeu digunakan untuk memperbaiki beberapa Sarana dan Prasarana (Sarpras) di TPA Cilowong, Retribusi yang diberikan kepada masyarakat sedangkan KDH itu merupakan hitungan 10 persen dari total bantuan yang diberikan.

“Kalau tahun depan akan dilanjutkan, maka dana keseluruhan yang akan terkumpul bisa mencapai Rp25,5 miliar,” pungkasnya.

Selain itu pihaknya juga sudah memberikan bantuan berupa sumur artesis di kampung Pasir Gadung serta perbaikan beberapa ruas jalan. “Ada juga yang dibelikan untuk alat berat dan perbaikan tanggul penahan sampah,” imbuhnya.(loet)

Tinggalkan Balasan