Maja Dibidik Jadi TPA Sampah Regional Banten

oleh -2 Dilihat
oleh

Serang, – Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, dibidik menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Regional di Provinsi Banten. TPA Sampah di Maja ini diharapkan menjadi solusi untuk menampung sampah dari Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan DKI Jakarta.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan TPA Sampah Regional belum bisa dilaksanakan lantaran terdapat beberapa kendala salah satunya terkait Tata Rung.

“Masih belum, karena kemarin masalah tata ruang, karena tidak gampang bangun TPA ternyata, biayanya, alatnya juga mahal ini perlu fokus,” ucap Wahidin Halim seusai membuka pelatihan dasar CPNS dilingkungan Provinsi Banten, Senin (22/11/2021).

Menurutnya, rencana pembangunan TPA Regional tersebut untuk membantu daerah lain dalam pengelolaan sampah, namun hal itu memerlukan perencanaan yang sangat tepat.

“Targetnya di Maja 100 hektar, TPA regional kan untuk membantu DKI dan wilayah wilayah Tangsel dan kota, itu kebutuhan mereka jadi perlu jalan tol atau jalan apa yang bisa itu yang sedang disepakati dengan nasional,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten, Wawan Gunawan mengatakan saat ini pemprov Banten tengah merencanakan pembangunan TPA Regional.

“Kita Provinsi hanya mengelola sampah regional lintas kabupaten kota, tapi kan belum ada yang namanya TPA regional, baru ada rencana,” katanya.

Ia menyampaikan, sampai saat ini pihaknya sudah melakukan rapat-rapat dengan konsultan mengenai TPA Regional tersebut.

“Mungkin yang kita kelola untuk pengelolaan TPA regional baru perencanaan itu di Lebak, itu baru ada konsultan dulu kemarin kita baru rapat-rapat dulu,” pungkasnya. (teguh)