Situ Cipondoh Palang Pintu Banjir Sekaligus Tempat Wisata Menarik di Kota Tangerang

oleh -411 Dilihat
oleh

Tangerang. – Guna melestarikan dan menjaga keberlanjutan fungsi Situ Cipondoh sebagai pusat konservasi air sekaligus sebagai tempat wisata di Kota Tangerang, Dinas PUPR Propinsi Banten mulai melakukan penataan dengan membangun turap di Bantaran Situ Cipondoh Kota Tangerang – Banten.

Kepala Dinas PUPR Propinsi Banten Ir.Arlan Marzan mengatakan, Kota Tangerang dengan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya menjadi tantangan tersendiri dalam menyediakan berbagai sarana infrastruktur termasuk didalamnya menjaga kelestarian lingkungan dan penyediaan air bersih.

“Tujuan dan harapan penataan Situ Cipondoh yaitu melestarikan dan menjaga keberlanjutan fungsi Situ Cipondoh itu sendiri yang mana mempunyai manfaat multi Purpose sebagai konservasi air untuk menjaga iklim mikro menyimpan air mencegah kekeringan daya rusak air sebagai referensi atau parkir air dan pendayagunaan air yaitu dimanfaatkan untuk air baku untuk mengisi kolom maupun domestik itu bisa sebagai tempat rekreasi budidaya ikan air tawar wisata air olahraga air ruang publik sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Tangerang dan umumnya di Provinsi Banten”. Ujarnya Kamis, 15 Desember 2022.

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar hadiri Rakornas IKN

Arlan menambahkan bahwa progress penataan Situ Cipondoh hingga saat ini sudah mencapai 90% dan diharapkan selesai pada akhir tahun ini.

“Untuk progres dan target penataan Situ Cipondoh progress sampai tanggal 15 ini kurang lebih 90% tinggal yang sifatnya arsitektur seperti pengecatan. Pengecatan untuk landasan termasuk passing block itu dan yang paling krusial sebetulnya penyelesaian pasar terapung ya untuk atap membran tetapi struktur besi sudah selesai semua Kemarin saya terlihat tanggal 14 itu dimulai pasang atap membran kurang lebih 4 sampai 5 hari kedepan sudah terpasang semua jadi mudah-mudahan tanggal 26 itu kita sudah bisa menyelesaikan seluruh item pekerjaan ke Situ Cipondoh,” Harapnya.

Baca Juga:  Miris! Keluarga di Serang Tinggal di Gubuk Mirip Kandang Kambing

Sementara itu Dr. Isvan Taufik ST, MT Selaku Kepala Bidang Pengelolaan Jaringan Sumber Daya Air (PJSA) Menambahkan, Situ Cipondoh sebagai pusat konservasi air di Kota Tangerang selain berfungsi sebagai pengendali banjir saat musim hujan, namun juga sebagai cadangan air disaat musim kemarau. Dia berharap masyarakat turut menjaga kelestarian Situ Cipondoh dan tidak disalah gunakan untuk hal-hal yang dapat merusak lingkungan di sekitar Situ Cipondoh tersebut.

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Jembatan Nyapah Pelancar Mobilitas dan Distribusi Pangan

“Bagaimana mengatur atau menjaga keluar masuk air, sehingga saat musim hujan tidak terjadi banjir dan tidak mengalami kekeringan disaat musim kemarau, selain itu Situ Cipondoh juga sebagai sumber air baku utama untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, dan masyarakat tidak akan kekurangan air, makanya mari kita jaga Bersama kelestarian situ Cipondoh ini”. Tambahnya.
Situ Cipondoh merupakan salah satu dari 8 situ yang ada di Kota Tangerang, memiliki luas 26 hektar, saat ini terus dipercantik dan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kota Tangerang. (Adv.)