Semua Calon Incumbent di Banten Belum Ajukan Cuti Kampanye 

Semua Calon Incumbent di Banten Belum Ajukan Cuti Kampanye 

Serang, – Empat daerah di Provinsi Banten akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2020 ini. Calon incumbent dari empat daerah itu dipastikan akan maju kembali mempertahankan kursi bupati dan wali kota di daerahnya masing-masing.

Keempat daerah yang akan menggelar Pilkada itu yakni Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Pilkada tahun ini akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto mengatakan, kendati tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah akan dibuka sepuluh hari lagi atau pada tanggal 4-6 September ini, namun seluruh bakal pasangan calon petahana itu hingga saat ini belum mengajukan cuti masa kampanye

Ia menegaskan, kepala daerah yang kembali maju pada pilkada memang diwajibkan untuk mengambil cuti selama masa kampanye. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2018 terkait Perubahan Atas Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara Bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Kami sudah mengirimkan draf surat usulan cuti untuk ditindaklanjuti,” kata Gunawan saat dikonfirmasi, Senin (24/8/2020).

Lebih lanjut dipaparkan Gunawan, terkait cuti kepala daerah pihaknya telah menetapkan jadwal rencana pelaksanannya. Pertama, seluruh petahana sudah mengajukan cuti kampanye atau di luar tanggungan negara pada 3 September.

“Pada 14 September, gubernur memberikan cuti di luar tanggungan negara bagi petahana,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, pada hari yang sama, gubernur akan mengusulkan tiga nama calon Pjs untuk setiap wilayah kepada Kemendagri. Sedangkan pada 23 dan 24 September akan dilaksanakan penetapan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon.

“Kemudian, mulai 26 September sampai 5 Desember mulai pelaksanaan cuti di luar tanggungan negara atau masa kampanye,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dua daerah akan diikuti oleh dua pasangan calon petahana. Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa di Kabupaten Serang dan Irna Narulita-Tanto Warsono Arban. Lantaran akan mengalami kekosongan jabatan untuk cuti kampanye maka akan ditunjuk seorang Pjs untuk mengatur roda pemerintahan.

Sementara untuk Kota Tangerang Selatan petahana yang maju hanya Benyamin Davnie yang kini menjabat sebagai wakil wali kota. Kemudian Sekda Kota Tangerang Selatan Muhammad yang juga masuk bursa pencalonan.

Sama halnya di Kota Cilegon petahana yang ikut pesta demokrasi lima tahunan tersebut hanya wakil walikotanya atas nama Ati Marliati.(Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: