Sempat Terputus Akibat Banjir,  Jembatan Menuju Negeri Di Atas Awan Akhirnya Dibangun

oleh -13 Dilihat
oleh

Lebak, – Setelah sebelumnya sempat putus akibat diterjang banjir bandang dan tanah longsor beberapa waktu lalau. Jembatan di Kampung Muhara,  Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong,  Kabupaten Lebak mulai dibangun.

Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Ketua DPRD Banten, Andra Soni, serta para pajabat terkait dilingkungan Pemprov Banten, secara resmi melakukan peletakan batu pertama dalam proyek perbaikan pasca bencana banjir bandang di Sungai Ciberang, yang terjadi pada dua tahun silam (2019).

Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) mengatakan, Pemprov Banten tahun ini serius untuk membangunkan jembatan Ciberang yang putus dan sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat.

Mengenai waktu pelaksanaannya sendiri, sambung WH, pihanya memastikan jika pembanguan jembatan Ciberang akan rampung pada Desember 2021 ini.

Tidak hanya membangunkan  jembatan Ciberang saja, sambung WH  Pemprov Banten tahun ini juga akan membangunkan beberapa jembatan lainnya yang ada disepanpang ruas jalan Cipanas – Warung Banten.

Sedikitnya ada 5 jembatan dan 10 titik longsor dengan 4 segmen longsor kategori berat disepanpang ruas jalan Cipanas – Warung Banten akan dibangun Pemprov tahun ini.

“Desember selesai. kalau gak selesai akan saya tegur itu pembotongnya, jadi ibu-ibu sabar ya. Kalau sudah selesai, nanti kita masak nasi kuning sebagai tanda selamatan,” kata WH disaksikan masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan pembangunan jembatan Ciberang, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya, untuk tahun ini Pemprov Banten akan membangunkan ruas jalan Cipanas-Warung Banten sepanjang 9 kilometer dengan kontruksi beton, sedangkan untuk tipe jembatan Ciberang sendiri akan menggunakan tipe jembatan baja pelengkung, disusul pada tahun selanjutnya, pembangunan ruas jalan dan jembatan Cipanas-Warung Banten akan terus dilanjut menggunakan APBD Provinsi Banten hingga selesai secara keseluruhan.

Plt Kadis PUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan menjelaskan, pembangunan kontruksi Jembatan Ciberang masuk kedalam paket Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Cipanas – Warung Banten dengan total anggaran mencapai Rp150 miliar lebih dengan pihak rekanan PT.Jaya Kontruksi.

Dimana, untuk kontruksi pembangunan Jembatan  Ciberang sendiri, kata dia, rencananya akan dibangunkan sepanjang 80 meter dengan lebar jembatan 9 meter.

Sementara itu, Dirut Jaya Kontruksi, Drajat wijanarko menjanjikan pembangunan jalan dan jembatan Cipanas-warung Banten akan tepat waktu sesuai kontrak yang dibut antara PT. Jaya Kontruksi dan Pemprov Banten. “Insa Allah akan tepat mutu dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (Guh)