Sekda Nanang: Penguasaan Teknologi Menyongsong Indonesia Emas 2045

oleh -60 Dilihat
oleh

Pilarbanten.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengungkapkan bahwa dengan menguasai teknologi maka niscaya juga menguasai peradaban. Mengingat inovasi teknologi mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner, yang berhasil memberikan solusi dari kesulitan.

Hal itu disampaikan Nanang usai menjadi Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tingkat Kabupaten Serang di Lapangan Upacara pendopo Bupati Serang pada Senin, 20 Mei 2024. ”Dititik ini gambarnya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,”ujarnya.

Menurut Nanang inovasi teknologi digital bertumbuh dengan Kecepatan nya bak lompatan kuantum sehingga dalam dekade terakhir, perubahannya demikian pesat. Teknologi digital, telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang.

”Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia, semua seperti mendekat terpampang di depan mata. Terlebih jarak tak lagi relevan dengan kehadiran visual menyempurnakan kehadiran suara,”katanya.

Baca Juga:  Seba Baduy 2024, Sekda Kabupaten Serang Komitmen Jaga Kelestarian Alam

Terlebih sambung Nanang, saat ini terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. di mana bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

”Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan maksimalkan bonus demografi,”ungkapnya.

Baca Juga:  RSDP Serang Raih Penghargaan Kemenkes Bidang Uji Kompetensi

Nanang menyebutkan, presiden juga menekankan bagaimana di dalam sejarah peradaban negara-negara dan bangsa-bangsa, kesempatan itu hanya datang satu kali. ”Oleh karenanya kita sama sekali tidak boleh keliru dalam memilih langkah,”ucapnya.

Oleh karenanya, tambah Nanang, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, transformasi digital, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045. ”Harus kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas,”tuturnya.(js/red)