Pj Gubernur Al Muktabar: Provinsi Banten Pusat Peningkatan Ekonomi dan Keuangan Syariah

oleh -56 Dilihat
oleh

Pilarbanten.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyambut kedatangan para peserta Anugerah Adinata Syariah dari seluruh Provinsi se- Indonesia di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kabupaten Tangerang, Senin (20/5/2024). Provinsi Banten menjadi Pusat peningkatan ekonomi dan keuangan syariah.

Penghargaan Adinata Syariah sendiri merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dalam rangka memberikan apresiasi bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang memiliki inisiatif mengembangkan potensi ekonomi syariah di daerahnya.

Al Muktabar mengungkapkan, Menara Syariah ini merupakan sebuah kawasan yang menjadi bagian dari pusat peradaban Islam di Indonesia bahkan global dalam hal penerapan serta peningkatan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca Juga:  Paritrana Award 2024, Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti Ajak Perkuat Jaminan Perlindungan Sosial

“Di sini dibangun sebuah sistem yang mengoptimalkan lembaga-lembaga keislaman dalam hal keuangan dan ekonomi syariah dengan berbagai daya dukungnya sehingga terwujud Islam yang rahmatan lil alamin,” katanya.

Di kawasan seluas 1.755 hektar ini, lanjut Al Muktabar, sudah ditetapkan pemerintah sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), termasuk juga 12 mil laut yang menjadi kewenangan Provinsi yang akan kita peruntukan pengembangan kawasan ini.

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Sampaikan Nota Pengantar Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

“Inilah bentuk ikhtiar kami dalam mengurangi angka pengangguran di Provinsi Banten. Karena dengan adanya kawasan-kawasan ekonomi dan bisnis seperti ini, daerah-daerah sekitar akan merasakan dampak positifnya,” jelas Al Muktabar.

Dikatakan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah terus mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan di Provinsi Banten. Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total aset perbankan syariah di Provinsi Banten pada akhir tahun 2023 mengalami peningkatan menjadi Rp1,4 triliun dibanding tahun 2022 sebesar Rp1,243 triliun.

“Dan kita akan terus dorong itu untuk ditingkatkan, sehingga asas manfaatnya bisa lebih besar dirasakan oleh masyarakat,” ucap Al Muktabar.

Baca Juga:  Harganas Ke-31, Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Ketahanan Keluarga Basis Aktivitas Sehari-hari

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan dalam lima tahun terakhir peran sektor keuangan dan ekonomi syariah sangat penting dalam menopang ketahanan ekonomi Indonesia di tengah tekanan kondisi ekonomi global.

Untuk itu, ke depan sektor ini harus mampu menjadi bagian penting transformasi ekonomi menuju Indonesia emas 2045. “Untuk menuju ke situ, pembangunan infrastruktur dan kelembagaan yang kuat menjadi prioritas dalam lima tahun ini,” pungkasnya.(js/red)