Rano Karno Siap Maju di Pilgub Banten, Hasto Beri Dukungan

oleh -3 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM– Mantan Gubernur Banten Rano Karno yang saat ini menjadi anggota DPR RI, mengaku siap maju kembali di Pilgub Banten 2024 mendatang.

Kesiapan menjadi calon Gubernur Banten untuk kedua kalinya, disampaikan Rano usai menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III DPD PDIP Banten di Kota Serang, Minggu, 10 September 2023.

“Kalau ditugaskan oleh Ketua Umum DPP PDIP (Megawati Soekarno Putri), kita sebagai petugas partai harus siap,” kata Rano saat menjawab pertanyaan wartawan terkait Pilgub Banten 2024.

Diketahui, Rano Karno menjadi Gubernur Banten pada tahun 2015, menggantikan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang terseret kasus korupsi.

Pada tahun 2012, Ratu Atut dan Rano Karno dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2012-2017 usai memenangkan Pilgub Banten 2011.

Sementara pada Pilgub Banten 2017, Rano Karno maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Embay Mulya Syarif harus mengakui kemenangan pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Jelang Pilgub Banten 2024, mayoritas kader PDIP mendorong Rano Karno untuk maju kembali menjadi calon Gubernur Banten.

Menyikapi derasnya dukungan terhadap Rano Karno agar maju kembali di Pilgub Banten 2024, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sinyal positif.

“Berdasarkan survei elektoral calon Gubernur Banten, memang yang tinggi itu Mas Rano Karno,” kata Hasto usai membuka Rakerda.

Kendati memberikan dukungan terhadap Rano Karno, namun Hasto menegaskan untuk Pilkada serentak 2024 semua keputusan ada di Ketua Umum DPP Megawati Soekarnoputri, terkait siapa kader yang akan diusung menjadi calon kepala daerah disemua provinsi termasuk di Banten.

“Namun tak ada salahnya Mas Rano Karno menyiapkan diri,” tutur Hasto. (FIK)