Program ADEM Repatriasi, Upaya Pemerintah Berikan Pendidikan Terbaik Bagi Anak Bangsa

oleh -136 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten tahun ini kembali menerima puluhan siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) kelas X tahun ajaran 2023-2024. Penerimaan siswa ADEM dilakukan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (24/8/2023).

Acara penerimaan itu dihadiri langsung oleh Kepala Dindikbud Provinsi Banten Tabrani dan Kepala Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Provinsi Banten, Supandi.

Diketahui, Program ADEM Repatriasi merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diluncurkan sejak 2013. Awalnya, program ini ditujukan untuk murid-murid jenjang sekolah menengah di Papua dan Papua Barat.

Baca Juga:  Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa Meninggal Dunia

Sasaran Program ADEM tersebut selanjutnya diperluas dengan menyasar murid-murid di wilayah 3T dan wilayah perbatasan pada tahun 2014 dan tahun 2016 kembali diperluas dengan menyasar murid-murid dari keluarga repatriasi,yakni buruh migran atau tenaga kerja Indonesia di wilayah Sabah, dan Serawak, Malaysia.

Tujuan digelarnya Program ADEM tersebut adalah memberi peluang kepada murid-murid di Papua, daerah 3T dan anak buruh migran di Malaysia untuk menempuh pendidikan menengah yang berkualitas.

Melalui Program ADEM, diharapkan terjadi percepatan pembangunan sumber daya manusia di Papua dan Papua Barat, di wilayah 3T dan daerah perbatasan,serta bagi anak-anak buruh migran di Malaysia. Selain itu, Program ADEM juga diharapkan mempercepat akulturasi keragaman budaya.

Baca Juga:  Roadshow Festival Anak Banten Sehat Cerdas Ceria, Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten: e-dasawisma Efektifkan Penanganan Stunting

Pada tahun ajaran 2022-2023 Provinsi Banten menerima sebanyak 257 murid.

Kepala Dindikbud Provinsi Banten, Tabrani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa acara serah terima siswa adem repatriasi ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab dari pemerintah daerah untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada seluruh anak bangsa, termasuk para siswa adem repatriasi.

Prosesi serah terima siswa ADEM Repatriasi kelas X tahun ajaran 2023-2024.

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada seluruh anak bangsa, termasuk para siswa adem repatriasi. Kami berharap para siswa adem repatriasi dapat segera beradaptasi dengan lingkungan belajarnya yang baru dan dapat meraih prestasi yang gemilang,” ujar Tabrani.

Baca Juga:  Pj Gubernur Al Muktabar Dampingi Menag Yaqut Cholil Qoumas Monitoring Seleksi UM-PTKIN

Tabrani juga berpesan kepada para siswa adem repatriasi untuk selalu bersemangat dalam belajar dan menuntut ilmu. Ia juga berharap para siswa adem repatriasi dapat menjadi contoh bagi siswa lainnya.

Acara serah terima siswa adem repatriasi ini berlangsung dengan lancar dan penuh keakraban. Para siswa adem repatriasi tampak antusias mengikuti acara ini.(ADV)