Jelang Purna, Sekda Entus Pamit ke Jajaran Setda Kabupaten Serang

oleh -138 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri berpamitan kepada seluruh pejabat dan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Serang jelang purnabakti setelah 40 tahun mengabdi, terhitung sejak 1 September pada giat Apel Pagi di depan Kantor Setda Kabupaten Serang pada Senin, 29 Agustus 2023.

Apel diikuti seluruh Asisten Daerah (Asda), Staf Ahli, para Kepala Bagian (Kabag) dan Kasubag, serta fungsional yang ada di lingkungan Setda Pemkab Serang.

Dalam amanatnya, Entus mengatakan bahwa apel yang dipimpinnya merupakan apel terakhir, karena per 1 September sudah memasuki masa pensiun. Entus pun mengucapkan terima kasih atas kerjasama para Asda, Staf Ahli, Kabag, Kasubag, serta tenaga fungsional dan non ASN yang ada di lingkungan Setda.

“Apa yang sudah kita capai itu semua atas kerjasama seluruh pegawai. Mudah-mudahan apa yang sudah kita lakukan bernilai ibadah. Mohon maaf jika saya ada kesalahan dan kekhilafan, serta ketidakmampuan dalam memfasilitasi selama menjabat. Nanti kekurangan bisa ditingkatkan oleh Sekda baru,” ucap mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang ini.

Baca Juga:  Kunker, Diskominfosatik Kabupaten Serang Terus Kembangkan Kemajuan Digitalisasi

Setda, kata Entus, mempunyai fungsi koordinasi dengan seluruh kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Serang. Oleh karena itu, Entus meminta, kemampuan komunikasi dan koordinasi dalam memfasilitasi kepentingan OPD harus terus ditingkatkan. Seperti diketahui, kata Entus, Setda mempunya fungsi memfasilitas dan membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam melaksanakan pemerintahan, mulai dari perencanaan sampai pelaporan.

“Kalau tidak ada kemampuan memfasilitasi, fungsi koordinasi juga sulit. Jadi, mohon kompetensi dalam mengkoordinasi seluruh kepentingan OPD harus terus ditingkatkan, bukan hanya melaksanakan bersifat administrasi saja, tetapi juga pembangunan SDM (sumber daya manusianya),”pesan mantan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang ini.

Baca Juga:  Hadirkan Aplikasi, Bupati Serang Komitmen Jalankan Keterbukaan Informasi Publik

Bapak dua anak ini juga mengingatkan agar fungsi koordinasi dan wawasannya harus lebih luas dan menguasai seluruh urusan pemerintahan. Entus pun mengaku bangga, karena selama menjalankan tugas di Setda, jajarannya sudah menjalankan fungsinya sudah baik. Kendati demikian, Entus mengingatkan agar tidak berpuas diri, tetapi terus mengasah kemampuan dan fungsi koordinasi untuk memfasilitasi kepentingan yang ada. Selanjutnya, Entus juga meminta, saat pergantian kepemimpinan yang sudah dilakukan dengan baik agar dilanjutkan.

“Siapapun Sekdanya nanti mengganti saya harus kita dukung, baik Pj maupun definitif, dimohon rekan-rekan agar tetap melaksanakan tugas dengan baik bersama pejabat baru,”pesan mantan Camat Pabuaran ini.

Mantan Ajudan Bupati era MA Sampurna itu juga mengatakan, masa pensiun sudah pasti merupakan keniscayaan sebuah organsiasi. Entus pun secara pribadi bersyukur selama menjalankan tugas sebagai Sekda mendapat dukungan baik dan menjalankan tugas sesuai kemampuan, serta puas atas apa yang sudah dilakukan.

Baca Juga:  Sinergi Organsiasi Sipil, Bupati Serang Apresiasi Konsep Pemberdayaan di Padarincang

“Ini hari ke-1.868 hari saya menjabat sebagai Sekda. Pesan saya, jaga intensitas kerja kita. Kalau mau berhenti, turunkan kecepatan, jangan sampai berhenti mendadak, mendadak itu tidak enak. Kita tidak tahu kapan berakhir dan landing pesawat dengan soft. Jadi, kerja harus sesuai ritme, jangan berhenti mendadak, itu gak bagus,” pesan mantan Kabag Umum Setda Pemkab Serang ini.

Mantan Plt Bupati Serang ini pun mengaku bahagia dan enjoy memasuki masa pensiun. Katanya, tidak tidak ada kepuasan yang sempurna, tetapi itu kenyataan yang harus dihadapi.

“Banyak bersyukur dan bahagia ketika memasuki masa purna tanpa ada gangguan mental. Kita kendalikan dan kelola mental dengan baik. Pensiun bukan berhenti beraktivitas, tapi berganti, rutinitas kerja diganti aktivitas lain. Doanya semoga pergantian aktivitas bisa menyesuaikan dengan baik,”tutur pejabat murah senyum ini.(js)