Polres dan Pemkab Serang Sinergi Hadapi Mudik Lebaran 2022

oleh -5 Dilihat
oleh

Serang, Pilarbanten.com – Polres Serang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sinergi dalam menghadapi mudik lebaran tahun 2022. Hal itu terungkap usai Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Serang mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral secara virtual di Aula Mapolres Serang pada Kamis, 14 April 2022.

Kapolres Serang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudha Satria mengatakan rakor lintas sektoral yang tujuannya untuk menghadapi rencana mudik lebaran. “Jadi ada beberapa hal yang di bahas karena memang kita sudah dua tahun menghadapi pandemi, sudah dua tahun tidak melaksanakan mudik (lebaran),”ujarnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi merencanakan mudik lebaran tahun 2022 untuk dilaksanakan. “Ada beberapa persiapan diantaranya bagaimana supaya masyarakat yang melaksanakan mudik tetap bisa mudik dengan aman dan lancar,”kata AKBP Yudha Satria.

Adapun untuk Polres Serang untuk memberikan rasa aman dan nyaman para pemudik, akan mendirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan. Sedangkan yang terbaru berdasarkan intruksi Kapolri agar mendirikan juga Pos Terpadu namun terpisah dengan Pospam dan Pos Pelayanan.

“Jadi akan kita siapkan di pintu-pintu tol, Simpang Tiga Cikande Asem, dan Kawasan Modern Cikande. Karena memang kewenangan Polres Serang meliputi pintu tol menuju Merak, jalan bawah di gunakan kendaraan roda dua menuju penyeberangan Merak. Untuk personil kurang lebih kita terjunkan sebanyak 215 personil,”jelas AKBP Yudha.

Sedangkan untuk titik rawan kemacetan, pihaknya belum bisa memetakan lantaran masih menunggu instruksi dari Polda Banten. “Tidak ada buka tutup jalur (untuk wilayah Kabupaten Serang),”terangnya.
Disisi lain hal utama juga yang perlu disampaikan kepada masyarakat khususnya pemudik, tambah AKBP Yudha, sebelum mudik agar terlebih dahulu melaksanakan vaksin dosis 3 atau booster. “Harapannya nanti setelah mudik aman dan sehat tidak ada kelonjakan covid-19,”terangnya.

Ditempat yang sama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Serang merupakan bagian yang bersama-sama turun untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik. Adapun untuk tim dari pemda meliputi dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). “Tadi seperti harapan Pak Kapolres semua bisa berjalan lancar, karena sudah dua tahun tidak mudik ini pasti ada lonjakan pemudik,”ujarnya.

Terkait vaksinasi dosi 3 atau booster, Tatu memastikan akan dibahas secara khusus bersama Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Kolonel Inf. Susilo dan Kepala Dinkes Agus Sukmayadi. Karena untuk yang mau mudik terutama karyawan industri yang banyak harus segera melakukan vaksin booster.

“Vaksin booster supaya mereka (pemudik) tidak terkendala di jalan. Untuk surat imbauan ke perusahaan hari ini di siapkan oleh Disnakertrans. Upaya itu dilakukan juga untuk mengejar target karena di Kabpaten Serang baru mencapai 9,5 persen capaian vaksin booster. Jadi, mau siang dan malam kita layani yang mau di booster,”imbau Tatu.(js)