Pj Gubernur Al Muktabar Bertekad Kembalikan Kejayaan Teluk Banten

oleh -6 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar bertekad mengembalikan kejayaan Teluk Banten yang berada di ujung Pulau Jawa serta dekat dengan alur pelayaran Selat Sunda dan Selat Malaka. Beragam potensi terdapat di Teluk Banten dapat dioptimalkan untuk mengembalikan kejayaan Teluk Banten sebagaimana masa Kesultanan Banten.

“Kita berupaya optimalkan potensi-potensi yang sekarang ada di Teluk Banten ini,” kata Al Muktabar usai menghadiri Pesta Teluk Banten di Pulau Lima Kecamatan Kasemen Kota Serang, Sabtu (18/2/2023).

Dikatakan, Teluk Banten memiliki sejarah sebagai pusat perdagangan Kesultanan Banten dan pusat perdagangan internasional. Saat ini, Al Muktabar bertekad menjadikan Teluk Banten sebagai sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

Al Muktabar menegaskan, Teluk Banten adalah sebagai kawasan yang luar biasa. Teluk Banten yang berada di Selat Sunda memiliki kelebihan kekayaan alam dan kebesaran sejarahnya. “Kita akan mendesain dan mengembangkannya dalam bentuk kawasan-kawasan yang bergerak di bidang maritim,” katanya.

Dijelaskan, Provinsi Banten memiliki kewenangan 12 mil laut mengelola dari batasan darat dan laut. “Kita sudah menyusun Rencana Tata Ruang dan Wilayah Tahun 2023-2043. Tata ruang itu meliputi pemanfaatan darat, laut dan udara. Dan, di laut akan dikelola segala sumber daya yang ada di laut itu sendiri,” tandas Al Muktabar.

Salah satu upaya optimalisasi potensi Teluk Banten adalah pengembangan destinasi wisata Pulau Lima. Al Muktabar optimis destinasi wisata di Pulau Lima akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Banten.

“Ini sebagai upaya mengembalikan Teluk Banten sebagai salah satu pusat perekonomian masyarakat,” kata Al Muktabar.

Sebagai informasi Pulau Lima yang berada di Teluk Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang merupakan destinasi wisata sangat indah dan eksotis. Tempat ini sangat cocok untuk liburan terjangkau bersama keluarga. Tempatnya juga mudah dijangkau dengan biaya murah. Wisatawan yang berkunjung bisa melakukan akitivitas menyelam, berenang, maupun bermain di pantainya memiliki pasir putih.

Fasilitas umum yang disediakan pengelola juga lumayan, dermaga rapi, toilet, saung, mushola, pedagang makanan dan minuman juga ada. Pulau Lima juga menyediakan tempat untuk camping, bagi wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini.

Sunset di pulau ini sangat cantik dan keren, wisatawan bisa menunggu datangnya senja. Sunset dengan hamparan awan dengan warna merah jingga bisa menjadi view foto yang estetik.

Pesta Teluk Banten yang dipusatkan di Pulau Lima merupakan salah satu promosi wisata di kawasan Teluk Banten. Pesta Teluk Banten dimeriahkan dengan Festival Perahu Hias yang dikuti oleh 80 perahu, Ziarah Qubro, Pemancangan Mesjid Terapung, Pentas Budaya Banten, Napas Tilas Pulau Lima, Pameran Sejarah Banten serta Jawara Kuliner dan UMKM Banten.(Al/js)