Pilkada Tetap Digelar Tahun Ini, Anggaran Bisa Membengkak

Pilkada Tetap Digelar Tahun Ini, Anggaran Bisa Membengkak

Serang, – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tetap akan berlangsung pada 9 Desember 2020 meski pandemik virus corona atau COVID-19 belum berakhir.

Seperti diketahui, di Banten terdapat empat daerah yang akan menggelar pilkada pada tahun ini. Mereka adalah Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan.

Komisoner KPU Provinsi Banten Eka Satyalaksmana mengatakan, kemungkinan anggaran pilkada yang sudah teralokasikan bakal berubah bahkan membengkak. Sebab, perlu ada penyesuaian pelaksanaan tahapan yang menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Lalu akan ada penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena akan ada pengurangan jumlah pemilih disetiap TPS.

“Protkol kesehatan ini akan berimplikasi pada kesiapan fisik dn mental penyelenggara, pemilih, Dan peserta, juga implikasi anggaran,” kata Eka saat dikonfirmasi, Jumat (5/6).

Adapun penyesuaian yang dimaksud, lanjut dia, semisal adanya pengadaan perlengkapan pelindung diri bagi petugas. Pasalnya, di beberapa tahapan terdapat kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti misalnya verifikasi data pemilih sehingga meningkatkan kerentanan terpapar virus korona.

“Masker misalnya untuk petugas coklit (pencocokan dan penelitian) yang harus ketemu langsung dengan pemilih. Kemudian untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” ungkapnya.

Adapun sumber penambahan anggaran jika memang terjadi untuk penyesuaian protokol kesehatan masih dalam pembahasan. Meski demikian hal tersebut merupakan ramah KPU RI.

“Kalau nambah dari APBD kami pesimis karena kemampuan pemda saat ini. Geser-geser (dari alokasi yang sudah ada) juga enggak akan bisa optimal. Mungkin saja ada tambahan dari APBN, tapi rasanya berat juga,” tuturnya.(Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: