Polisi Pastikan Tak Akan Ada Penyekatan Mudik di Pelabuhan Merak

oleh -6 Dilihat
oleh

Serang, – Kepolisian memastikan tidak akan ada penyekatan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten saat mudik lebaran tahun ini. Hal ini dilakukan seiring dengan diperbolehkan mudik lebaran oleh Presiden Joko Widodo.

“lebih kepada pembatasan karena kalau semuanya masuk secara bersamaan pada saat menunggu akan terjadi penumpukan,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi melalui pers rilis, Kamis (31/3/2022).

Kendati demikian, pihaknya akan tetap membangun posko mudik yang berfungsi untuk hanya untuk melayani pemudik. Diantaranya penyediaan tempat vaksinasi dan pelayanan kesehatan.

“Karena kita lihat belakangan ini sudah banyak masyarakat melaksanakan vaksin untuk bisa pulang (mudik),” katanya.

Disampaikan Firman, berbagai upaya akan dilakukan mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah kendaraan saat arus mudik. Pertama, kata Firman, akan melakukan peningkatan kapasitas jalan di tol dengan menerapkan contraflow bahkan akan melakukan one way.

Firman meminta masyarakat menggunakan angkutan umum untuk melakukan perjalanan mudik dengan tujuan mengurangi volume kendaraan.

“Semua ini kita lakukan untuk kelancaran, bukan menghambat aktivitas atau pemulihan ekonomi yang kita sedang upayakan,” katanya.

Dia menegaskan jika ada posko bukan untuk penyelatan pemudik melainkan manajemen lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak.

“Kalau ada penyekatan di tol itu bukan disekat. Tapi di sini di Pelabuhan (Merak) berapa kapasitasnya? Begitu ada informasi 50 buka, 50 kirim. Jadi, tidak numpuk di sini,” katanya.(kusno)