Pemprov Banten Maksimalkan Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Pemprov Banten Maksimalkan Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

KOTA SERANG, PILARBANTEN.COM – Pandemi Covid-19 kini menjadi musuh bersama. Hampir setiap daerah wabah ini menjadi perhatian serius. Berbagai sektor anggaran dilakukan penggeseran guna memaksimalkan penanganan dan pencegahan.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menilai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sangat penting dilakukan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten.

Sebagai Ketua Gugus Tugas, WH sudah mengintruksikan timnya untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum di delapan Kab/Kota. Hingga kini, tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten sudah melakukan penyemprotan di 1073 titik.

“Jumlah itu merupakan kegiatan yang dilakukan tim Gugus Tugas di luar kegiatan yang dilkukan secara mandiri oleh TNI/POLRI, BPBD Kab/Kota, relawan dan masyarakat setempat,” ujarnya.

1073 titik itu tersebar di Kabupaten Serang sebanyak 213 titik, Kabupaten Pandeglang 169 titik, Kabupaten Lebak 99 titik, Kabupaten Tangerang 118 titik, Kota Cilegon 89 titik, Kota Serang 199 titik, Kota Tangerang 98 titik dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 88 titik.
Sementara sasaran sebarannya sebanyak 140 titik pesantren, 667 sarana peribadatan, 111 sekolah SMA/SMK dan fasilitas umum 155 titik.

WH menambahkan, semua unsur melakukan dukungan penuh sesuai dengan kemampuannya dalam mengurangi penyebaran Covid-19. Sebagai Gubernur Banten sekaligus Ketua Gugus Tugas dirinya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi langkah-langkah pencegahan yang sudah dilakukan. “Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan dan lebih bisa bersinergi lagi,” tambahnya.

Gubernur juga menghimbau kepada masyarakat Banten agar mematuhi protokoler kesehatan seperti melakukan sosial distenting, menerapkan pola hidup sehat dan bersih, konsumsi makanan yang bergizi, selalu rajin mencuci tangan serta selalu memakai masker ketika keluar rumah.

“Serta bagi masyarakat di Tangerang Raya yang sudah dilakukan PSBB, saya menghimbau agar masyarakat mematuhi aturan yang diberlakukan,” harapnya.

Sementara itu tim Gugus Tugas Covid-19 yang juga Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan, pada saat melakukan penyemprotan disinfektan, timnya juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu dengan melakukan protokoler pemerintah di berbagai aspek.

“Tim yang bertugas terdiri dari unsur BPBD Provinsi, BPBD Kab/Kota, Unsur TNI/POLRI, OPD terkait, unsur relawan dan masyarakat,” ujarnya. (Rey/Al)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *