Pemprov Banten Komitmen Turunkan Pengangguran

oleh -92 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) berkomitmen menurunkan pengangguran. Berbagai program dibahas bersama dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bidang Ketenagakerjaan dan Transmigrasi oleh seluruh OPD terkait dari delapan (8) Kabupaten/Kota serta stakeholder yang membidangi ketenagakerjaan.

Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Septo Kalnadi mengungkapkan, salah satu fokus pembahasan dalam forum OPD ini adalah bagaimana sektor ketenagakerjaan di Provinsi Banten ini bisa menjawab berbagai tantangan kedepan dalam rangka menurunkan pengangguran.

“Maka dari itu kita tampung berbagai aspirasi baik yang berasal dari masing-masing daerah maupun dari stakeholder untuk kemudian kita petakan menjadi sebuah rencana program kerja,” kata Septo usai membuka acara Forum OPD di Auditorium Disnakertrans Provinsi Banten, KP3B Curug Kota Serang, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga:  Penyaluran JPS Pemprov Banten tak Dikawal

Strateginya, sambung Septo, mengoptimalkan SMK, mempersiapkan kompetensi dan kemampuan tenaga kerja dan calon tenaga kerja dengan memperbanyak pelatihan dan program pemagangan. Sehingga membentuk tenaga kerja yang kreatif dan mandiri.

“Hal itu akan kita fokuskan dalam menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka sehingga masyarakat Banten sejahtera dapat kita wujudkan”, tegas Septo.

Peningkatan pelatihan keterampilan calon tenaga kerja juga menjadi fokus Disnakertrans Provinsi Banten. Menurut Septo pihaknya memetakan kebutuhan masyarakat baik di dunia usaha maupun dunia industri.

Baca Juga:  Pj Gubernur Al Muktabar: Provinsi Banten Memiliki Banyak Potensi Untuk Maju

“Kita sudah petakan kapasitas kebutuhan masyarakat pencari kerja di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten. Misalnya daerah pesisir yang berpotensi wisata, UMKM, daerah industri, semua kita petakan dan kita tentukan arahnya agar menghasilkan calon-calon pencari kerja yang terampil dan kompeten,” ungkap Septo.

Dikatakan, dalam menurunkan pengangguran, pihaknya akan melakukan sosialisasi terhadap perusahaan-perusahaan agar lebih terbuka kepada pemerintah dalam pelaporan lowongan pekerjaan. Tujuannya, agar para pencari kerja dapat memanfaatkan portal platform SIAPKerja milik Kementerian Ketenagakerjaan RI.(js)