Mulai Hari Ini, RSUD Banten Kembali Layani Pasien Umum Non COVID-19

Mulai Hari Ini, RSUD Banten Kembali Layani Pasien Umum Non COVID-19

Serang, – Setelah empat bulan menjadi rumah sakit pusat rujukan khusus pasien virus corona atau COVID-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten kembali membuka pelayanan untuk pasien umum. Pelayanan pasien umun akan mulai dibuka hari ini, Minggu (26/7/2020).

Untuk diketahui, RSUD Banten sebelumnya, telah ditetapkan menjadi rumah sakit khusus untuk menangani pasien virus di Provinsi Banten sejak tanggal 25 Maret 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, keputusan tersebut dilakukan lantaran jumlah kasus COVID-19 di Banten mulai menurun sehingga beberapa daerah yang awalnya dinyatakan zona merah sudah beralih menjadi zona kuning penyebaran COVID-19.

Lanutnya, meski sudah bisa melayani untuk pasien umum non COVID-19 di RSUD Banten masih dibatasi dengan jumlah tempat tidur sebayak 150 bed dan masih melayani pasien COVID-19 sebanyak 100 bed.

“Tempat pelayanan terpisah antara pasien umum non COVID berlokasi di gedung depan dan pelayanan covid berlokasi di gedung belakang. Ruang IGD dan peralatan kesehatan yg digunakan pun terpisah,” kata Ati saat dikonfirmasi.

Disampaikan Ati, untuk menghindari terjadinya antrean atau penumpukan pasien rawat jala, pihaknya hanya menerima pendaftaran pasien secara online. Kemudian, pasien dan tenaga kesehatan, ketika datang ke fasilitas kesehatan harus menjalani screening terlebih dahulu dan wajib memakai masker.

“Dan untuk pasien lansia dan anak dapat ditemani oleh 1 orang anggota keluarga. Selain itu seluruh nakes tetap menggunakan APD sesuai levelnya.

Berdasarkan hasil pemantauan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Banten, tercatat jumlah kasus di wilayahnya ada sebanyak 1.544 kasus. Rinciannya, sebayak 204 orang masih dirawat, sebayak 1.244 orang sembuh dan sebanyak 96 orang meninggal dunia.(Anwar/Teguh)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: