Masih Nol Kasus, Ini Rahasia Baduy Tahan Pandemik COVID-19

oleh -2 Dilihat
oleh

Lebak, – Sejak pandemik COVID-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 lalu. Masyarakat adat Baduy yang berada di pegunungan Kendeng Selatan Banten, Kabupaten Lebak sampai hari ini belum ada yang terpapar virus corona.

“Alhamdulillah Belum, (ada yang terpapar) sampai sekarang,” kata Tetua Adat Baduy Jaro Saija, Kamis (8/7/2021).

Orang Kanekes memiliki cara tersendiri untuk menangkal virus corona. Dia mengatakan, begitu pemerintah mengumumkan adanya pandemik COVID-19 menggelar ritual yang dipimpin oleh para Puun.

“Bukan daya tubuh tapi di Baduy mah lahir batin batinnya. Ritual berdoa sebelumnya dan diperbatasan di jaga oleh air kebiasaan di Baduy digunakan. Ritual tolak bala,” katanya.

Oleh karena itu, disampaikan Saija, masyarakat adat Baduy hingga saat ini belum ada yang mengikuti program vaksinasi. Mereka masih memegang teguh pendirian dari tata cara adat untuk menjaga diri dari COVID-19.

“Vaksinasi masyarakat sudah disosialisasikan tetap melalui adat doang bertahan (ritual adat). RT/RW dipanggil tapi tetep menolak,” katanya.

Kendati demikian, dia menyampaikan masyarakat Baduy tetap melalukan anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan. Membatasi warga luar datang ke Baduy dan setiap pengunjung diwajibkan menunjukan keterangan surat negatif COVID-19.(war)