Kurangi Over Kapasitas, Kanwil Kemenkumham Banten Mutasi 158 Warga Binaan

oleh -129 Dilihat
oleh

Serang, – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Banten melakukan terobosan pengurangan kapasitas Warga Binaan (WB) di sejumlah Lapas.

Gerakan pemindahan narapidana itu dilakukan dari UPT Lapas yang pemetaannya masih padat, lalu kemudian dimutasikan ke tempat yang relatif lebih sedikit.

Kepala Divisi (Kadiv) Kemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten yang mendampingi Kakanwil Banten Tejo Harwanto, Kamis (13/1/2022) mengatakan, sampai saat ini pihaknya sudah melakukan mutasi WB sebanyak 158 orang.

Baca Juga:  Menhub Sebut Kecelakaan Bus Yang Tewaskan 24 Orang di Sumsel Karena Faktor Keselamatan Diabaikan

“Termasuk salah satu UPT yang menjadi target pengurangan isi lapas yakni pada Lapas kelas 1 Tangerang dan Lapas Pemuda,” katanya.

Masjuno melanjutkan, program pemutasian ini untuk mengurangi tingkat kepadatan di Lapas serta guna menekan potensi-potensi tingkat gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kita pindahkan ke Lapas Cilegon dan Lapas Serang yang relatif tidak terlalu penuh,” ucapnya.

Baca Juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Banten Siapkan Pola Pengamanan

Program ini, lanjutnya, merupakan pertama kali dilakukan di tingkat Kanwil Banten. Namun demikian, akan terus dilakukan sampai berkelanjutan.

“Dan ini akan menjadi program skala prioritas,” ucapnya.

Untuk menunjang program itu, pihaknya juga pada tahun ini akan melakukan pelebaran bangunan blok Lapas di Kota Cilegon dan Lapas Kelas I Tangerang dengan masing-masing kapasitas sebanyak 250 dan 500.

Baca Juga:  Tips Merawat Cupang Agar Cepat Memunculkan Warna Yang Indah

“Tahun ini rencananya akan dilakukan pembangunannya, untuk mengurangi tingkat kepadatan di Lapas yang ada,” tutupnya.(loet)